Monday, February 9, 2015

Grojogan Sewu Girimulyo: Alternatif Wisata Lain di Jogja



Sebagai seorang PNS (Pegawai Negeri Swasta :D) saya hanya mempunyai waktu libur di akhir pekan. Makanya waktu tersebut tidak pernah saya sia-siakan untuk sekedar menyenangkan diri dengan berlibur. Liburan itu tidak harus ke Bali atau Lombok kan? Di sekitar Jogja, kita juga masih bisa menikmati tempat-tempat yang keren. Seperti yang satu ini, Grojogan Sewu yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Namanya memang mirip dengan air terjun yang ada di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.




Ada beberapa jalur untuk menuju ke  Grojogan Sewu ini seperti melewati Kota Wates dan Jalan Godean. Kebetulan jalur yang saya pilih kemarin adalan melewati Jalan Godean ke arah barat menuju Nanggulan ke arah obyek wisata Gua Kiskendo. Kita bisa menemukan banayak papan petunjuk kerah curug ini. Grojogan Sewu memang terletak tidak jauh dari gua tersebut. Perlu diperhatikan, untuk melewati jalur yang saya pilih kendaraan kita harus dalam keadaan yang baik. Sebab kita akan melewati jalanan tanjakan yang sangat tinggi dan berliku. Namun tenang saja, selama perjalanan tersebut kita akan disuguhi pemandangan bukit hijau yang indah.



Grojogan Sewu dikelola oleh warga sekitar yang sadar akan potensi tempat ini. Tidak ada pungutan biaya untuk menikmati keindahan tempat ini, kita hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk biaya parkir. Untuk mencapai air terjun kita harus melewati jalan setapak dari tempat parkir yang tidak terlalu jauh.



Saya pribadi sangat menyukai tempat ini, buat saya Grojogan Sewu adalah tempat yang ciblonable alias enak untuk dijadikan tempat untuk berendam dan mandi. Dibawah air terjun, ada sebuah kubangan yang dalamnya mencapai kurang lebih 5 meter dengan air yang sangat bening dan adem. Selain itu, air yang masih terus mengalir kebawah ini selain memunculkan suara gemericik juga semakin menambah keindahan.



Mungkin saya datang pada waktu yang kurang tepat. Karena saya datang pada hari minggu, otomatis banyak orang juga yang sedang berkunjung ke tempat ini.




2 comments:

  1. Adem gilak! tapi kok ada yang berani berenang di tengah situ? Aku nggak berani.. >.<

    ReplyDelete
  2. air terjun-nya keren beneerr ..
    airnya jernih dan bisa berenang pula disana ... kerennn

    ReplyDelete