Thursday, April 20, 2017

Kita Cuma Butuh Taman Kota Untuk Bermain

Bukan mencoba untuk membandingkan Jogja dengan Bandung. Kedua kota tersebut sudah pasti mempunyai daya tariknya masing-masing. Keduanya juga pasti punya kelebihan dan kekurangan. Harga makanan di Jogja lebih murah jika dibandingkan dengan harga makanan di Bandung. Tapi kalau bicara masalah  kemacetan, lalu lintas Jogja masih relatif normal. Meskipun macet tidak separah macet di Bandung. Tapi yang paling bikin iri dari Bandung adalah taman-taman kotanya. Jogja saat ini tidak punya taman kota sama sekali.





Taman selain bisa berfungsi sebagai paru-paru kota juga bisa difungsikan sebagai tempat rekreasi warganya. Kadang kita hanya butuh tempat berkumpul dan bersantai bersama keluarga atau berinteraksi dengan masyarakat yang lain. Tidak perlu bayar biaya masuk dan siapapun bisa datang dan menikmatinya. Mungkin hanya untuk sekedar bersantai menghabiskan waktu atau membaca buku. Atau mungkin cuma buat tiduran aja menikmati semilir angin. Salah satu taman atau tempat yang menarik di Bandung adalah Alun Alun Kota.


Dari beberapa artikel yang saya baca. Alun Alun Kota Bandung sudah mengalami banyak perubahan sejak jaman dulu. Dulu tempat ini terkesan sangat kumuh dan kotor.Tapi sekarang tempat ini sudah disulap sedemikian rupa menjadi lebih menarik dan kemudian menjadi salah satu tempat favorit bagi warga maupun orang-orang yang sedang berlibur ke Bandung. Pada awalnya perubahannya memang sempat terjadi pro kontra oleh warga sendiri karena masalah penggunaan rumput sintetis. Seluruh lapisan permukaan Alun Alun Kota Bandung  saat ini ditutup dengan menggunakan rumput sintetis. Banyak yang menilai rumput sintetis kurang cocok untuk digunakan.


Saya belum pernah melihat penampakan Alun Alun Kota Bandung sebelumnya. Tapi dari beberapa gambar yang ada di Internet memang tampak perubahan yang sangat drastis. Alun Alun Kota Bandung sekarang lebih bersih dan rapi. Setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi orang. Untuk menjaga kebersihan rumputnya. Setiap pengunjung diharuskan untuk melepaskan alas kakinya. Untuk yang tidak mau ribet membawa sandal atau sepatunya, ada banyak penjual plastik di Alun Alun Kota Bandung ini.



Semoga nantinya Jogja juga akan punya banyak taman atau ruang publik terbuka yang bisa digunakan warganya untuk bersantai atau sekedar menghabiskan waktu. Bukan hanya hotel dan apartemen saja yang bertambah, tapi juga taman kotanya.

1 comment: