Sunday, March 26, 2017

Akhirnya Bisa Foto di Kalibiru

Ini bukan kali pertama saya kesini, entah sudah berapa kali kesini. Tidak terlalu ingat betul. Setiap kesini pasti selalu mengantarkan orang yang berbeda. Tapi selama ini belum pernah sekalipun untuk mencoba berfoto diatas panggung atau rumah pohon yang ada di Desa Wisata Kalibiru ini. Karena sepertinya terlalu sayang jika meghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengantri foto disini. Saya lebih memilih untuk menikmati pemandangannya saja. Sekaligus melihat orang-orang yang sedang mengantri.




Kebetulan kemarin ada teman dari Malaysia yang minta diantar ke Kalibiru. Kita berangkat dari Jogja sekitar pukul 7 pagi. Sudah pasti karena untuk menghindari antrian yang cukup panjang tetapi juga untuk berjaga-jaga kalau saja siang harinya hujan. Cuaca Jogja terakhir ini memang sedang tidak menentu. Biasanya pada siang hari hujan akan turun dengan sangat lebatnya. Cukup menakut kan jika harus melewati jalur pegunungan dengan bukit dan jurang di kanan kiri pada saat hujan lebat. Apalagi beberapa kilometer sebelum lokasi jalannya menanjak cukup tajam. Teman saya harus beberapa kali turun karena motor tidak kuat untuk menanjak.

Desa Wisata Kalibiru saat ini sudah cukup terkenal, namun ternyata jalan masuk menuju kampung justru terbilang cukup rusak parah. Mungkin karena hujan yang terus turun setiap hari sehingga menggerus jalan aspal yang ada. 


Daya tarik utama dari tempat ini adalah pemandangannya yang cantik. Dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan langsung menuju ke Waduk Sermo yang dikelilingi oleh hutan yang masih hijau. Selain itu udaranya ditempat ini juga cukup sejuk.Yang paling terkenal dari dari Kalibiru tentu saja adalah spot foto diatas panggung yang berada diatas pohon. Dulu cuma ada satu, tapi sekarang sudah ada beberapa spot yang bisa dipilih.

Tapi sayangnya untuk bisa berfoto dibeberapa spot tersebut kita harus membayar kembali karena tidak termasuk dalam harga tiket masuk. Untuk bisa masuk kearea kawasan ini kita harus membayar Rp 15ribu. Kemudian untuk bisa naik ke setiap panggung harus bayar lagi. Mulai dari Rp 15-35ribu setiap orangnya. Bukan cuma itu, jika ingin menggunakan jasa foto dari pengelola. Kita harus membayar Rp 5ribu untuk satu file foto yang akan ditransfer ke HP. Dan setiap orang minimal harus ambil 4 foto.


Kalau tidak mau antri berjam-jam untuk foto. Usahakan untuk datang pada pagi hari. Karena siang sedikit, pada hari kerja pun sangat ramai. Bisa dibayangkan kalau pada hari libur atau akhir pekan.

No comments:

Post a Comment