Tuesday, February 21, 2017

Siapkan Liburan Murah dengan 6 Cara Berikut Ini!



Hidup di kota-kota besar memang bisa menjadi hal yang memusingkan. Mulai dari masalah pekerjaan hingga kemacetan dapat membuat pikiran menjadi sumpek. Bila hati dan kepala sudah gerah, mungkin sudah saatnya kamu mengambil waktu untuk berlibur dan menenangkan diri.

Tapi, berlibur kadang nggak semudah itu. Salah satu faktor yang kerap menghambat setiap orang untuk berlibur adalah biaya. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir biaya ketika berlibur sehingga liburan kamu jauh lebih ramah di kantong.

 

1. Rencanakan libur jauh-jauh hari



Jangan pernah berharap kamu bisa menghemat anggaran liburan dengan melakukan liburan yang dadakan. Merencanakan liburan, mulai dari tujuan hingga anggarannya perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Tidak hanya itu, harga tiket penerbangan dan kereta pun akan jauh lebih murah jika kamu pesan dalam jangka waktu yang cukup jauh dari jadwal keberangkatan.

Dengan waktu yang lebih panjang, kamu juga bisa mengumpulkan berbagai informasi serta membandingkan berbagai jenis hal. Kamu bisa memastikan bahwa tempat menginap, agen perjalanan, hingga tiket pesawat yang kamu dapatkan sudah merupakan yang paling murah.

2. Pilih destinasi liburan murah yang tepat




Jika kamu memiliki kocek yang terbatas, perhatikan juga destinasi liburan yang kamu pilih. Kondisi perekonomian serta taraf hidup masyarakat di destinasi liburan akan mempengaruhi berapa banyak pengeluaran yang akan kamu habiskan di sana.

Ada sedikit trik untuk mengetahui apakah destinasi yang kamu pilih merupakan kawasan “mahal” atau tidak. Jika kamu memilih untuk berlibur keluar negeri, kamu bisa mengecek harga fast-food di kota tersebut, seperti Burger King atau McDonalds. Hal ini dikarenakan harga fast-food biasanya akan menyesuaikan dengan biaya hidup masyarakatnya. Jadi, jika destinasi liburanmu memiliki harga fast-food yang di atas rata-rata, artinya destinasi tersebut bisa dikategorikan sebagai destinasi liburan yang mahal.

Hal lain yang harus kamu lakukan adalah mengecek harga transportasi di kota tersebut. Selain karena kamu juga akan menggunakannya, kamu juga bisa menilai suatu kota mahal atau murah dari seberapa tinggi tarif transportasinya.

 


3. Cari informasi mengenai semua hal yang kamu perlukan di sana




Tips selanjutnya merupakan tingkat advanced dari tips sebelumnya. Setelah kamu mematangkan perencanaan liburan (mulai dari apa saja kebutuhanmu hingga aktivitas apa yang hendak kamu lakukan), segera lakukan pengecekan harga dan cara mendapatkannya di destinasi yang akan kamu kunjungi.

Hal ini akan membantu kamu agar terhindar dari biaya-biaya yang menguras kantong serta pengeluaran mendadak yang belum kamu persiapkan sebelumnya.

Berbicara soal pengeluaran mendadak, ada juga sedikit cara untuk mengantisipasi hal ini. Cobalah berdiskusi dengan temanmu yang sudah pernah mengunjungi destinasi tersebut atau melakukan aktivitas serupa sehingga kamu bisa mengira-ngira apa saja yang perlu kamu siapkan. Jika kamu nggak mempunyai teman dengan pengalaman yang kamu butuhkan, kamu masih bisa mencari berbagai review di Internet kok.

4. Ajak Teman-temanmu!




Bagi sebagian orang, berlibur sendirian mungkin jadi pilihan tepat untuk lari dari kepenatan. Tapi, jika kamu ingin menghemat anggaran, ajaklah beberapa sahabat atau saudaramu bersama. Dengan begitu akan ada beberapa biaya yang bisa kalian bagi bersama.

Contohnya biaya penginapan. Daripada menghabiskan biaya satu kamar untuk sendirian, kamu bisa menggunakan kamar itu bersama teman-temanmu. Juga biaya transportasi jika kamu menyewa kendaraan.

Keuntungan lain berlibur bersama orang terdekat adalah kamu bisa berbagi segala hal termasuk pengalaman mencicipi makanan lokal di sana! Kamu bisa mencicipi dua makanan sekaligus dengan berbagi dengan rekan perjalananmu dan tentunya hal ini akan lebih mengasyikan daripada sekedar mencicipi satu menu saja.

5. Berlibur saat low season




Cara lain untuk merencanakan liburan murah adalah dengan merencanakannya di luar musim liburan atau low season. Hindari berlibur pada saat puncak liburan, seperti hari raya lebaran, tahun baru, serta libur-libur internasional lainnya.

Kamu akan menemukan harga tiket pesawat, penginapan, hingga tiket masuk ke objek wisata yang jauh lebih murah pada saat low season. Keuntungan lainnya, kamu juga bisa lebih leluasa menikmati liburanmu karena pasti tidak banyak turis lain yang menganggumu. Liburan dijamin akan terasa lebih menenangkan.

6. Manfaatkan layanan online

 
sumber: Betches

Kini sudah banyak juga layanan-layanan online yang bisa membantu kamu merencanakan liburan murah. Contohnya saja Skyscanner dengan layanan pencarian tiket penerbangan, hotel, hingga penyewaan mobil.

Dengan menggunakan layanan online seperti ini, akses informasi kamu tentu jadi tidak terbatas dan kamu lebih mungkin mendapatkan harga terbaik untuk setiap layanan yang kamu gunakan!

Selain itu, ada banyak fitur dalam layanan online yang bisa membantu kamu merencanakan liburan murah. Jika kamu menggunakan layanan online seperti Skyscanner misalnya, kamu bisa menemukan fitur “Bulan Termurah”, “Sepanjang Bulan”, atau “Sepanjang Tahun” untuk menemukan harga termurah untuk destinasi liburan kamu!

Jika kamu masih belum yakin dengan harga yang kamu dapatkan, masih ada fitur “Price Alert” yang akan selalu menotifikasi kamu setiap ada perubahan harga tiket pesawat. Ada juga fitur “Perbandingan Harga” yang bisa akan gunakan untuk membandingkan harga setiap perjalanan berdasarkan maskapai ataupun jadwal.
______________________________________________________________________________

Tentunya perencanaan yang benar-benar matang menjadi kunci untuk mewujudkan kesuksesan liburan murah. Jangan malas untuk selalu update terhadap informasi terkini dan juga manfaatkan segala macam fitur yang ada secara online. Dengan begitu, kamu pasti bisa mengurangi biaya-biaya yang sebenarnya nggak perlu.

Selamat berlibur!


No comments:

Post a Comment