Thursday, January 12, 2017

Jogja Punya Rumah Teletubbies Sungguhan

Yang masa kecilnya bahagia pasti pernah tau serial televisi anak-anak berjudul Teletubbies yang diperankan oleh 5 boneka lucu warna-warni yang bernama Tinky, Winky, Dipsi, Lala, dan Po. Masih ingat kan bentuk rumah mereka seperti apa? Yap, bentuk rumahnya memang cukup unik. Rumah Teletubbies berbentuk seperti setengah lingkaran dengan atap yang melengkung. Pernah kepikiran kalau rumah tersebut ada dalam dunia nyata? Jangan salah, di Jogja ternyata ada komplek perumahan Teletubbies tersebut.






Komplek perumahan Teletubbies tersebut terletak di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Nama tempat ini sebenarnya adalah Rumah Dome, tetapi orang lebih banyak mengenalnya dengan sebutan Rumah Teletubbies karena memang bentuk rumah yang ada ditempat ini mirip sekali dengan rumah Teletubbies yang ada di televisi.



Kawasan perumahan ini dibangun dengan bantuan dari Dome for the World Foundation untuk warga Ngelepen yang rumahnya rusak akibat gempa bumi besar yang pernah terjadi di Yogyakarta pada tahun 2006 yang lalu. Rumah Teletubbies ini diresmikan oleh Menteri Perumahan Rakyat pada tahun 2017. Karena keunikannya, selain menjadi pemukiman warga. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Jogja. Rumah-rumah tersebut dirancang bisa menahan getaran gempa bumi yang mungkin saja bisa kembali terjadi di Jogja.



Walaupun terlihat cukup kecil, namun jika melongok kedalamnya ruangan didalam ini cukup luas karena terdiri dari dua lantai. Desainnya yang unik membuat membuat suhu udara didalam ruangan pada saat siang hari akan tetap terasa sejuk. Sementara pada saat hujan, penghuni rumah akan tetap merasa hangat. Tidak hanya rumah penduduk saja, Perkampungan Teletubbies ini juga dilengkapi dengan masjid dan ruang pertemuan warga yang juga didesain dengan gaya yang sama.



Selain perkampungan Teletubbies, kita juga bisa menuju ke Bukit Teletubbies. Dari tempat ini kita bisa melihat keseluruhan Rumah Teletubbies dari ketinggian dan juga pemandangan disekitarnya yang yang masih sangat hijau. Dari pintu masuk Kampung Teletubbies kita tinggal mengarahkan kendaraan kita dengan mengambil arah lurus dan mengikuti jalan lurus dan mengikuti petunjuk yang ada sampai puncak. Jalannya memang tidak terlalu bagus, tapi masih cukup aman dan mudah untuk dilalui dengan menggunakan motor matic sekalipun.



Suasana di Bukit Teletubbies cukup tenang. Tidak terlalu banyak orang yang datang pada hari liburnya sekalipun.



Lokasi: Rumah Teletubbies

1 comment:

  1. Baru tahu ada Bukit Teletubis. Seputar Wukirsari ya?

    ReplyDelete