Thursday, September 22, 2016

Praha: Salah Satu Kota Tercantik Di Eropa

Belum semua negara yang ada di Eropa pernah saya datangi, namun jika ada yang mengatakan bahwa Praha adalah salah satu kota tercantik yang ada di Eropa saya sangat menyutujui. Bangunan-bangunan kunonya yang masih terjaga sampai sekarang serta jalur tram dan metronya membuat saya semakin jatuh cinta dengan  ibukota dari negara Ceko ini.

Kastil Praha dilihat dari Jembatan Charles


Mungkin dulu Praha tidak pernah masuk dalam daftar kota yang ingin saya kunjungi. Tapi setelah melihat keindahan kota ini dari beberapa film Indonesia yang mengambil lokasi syuting di Praha. Saya memutuskan ingin mengunjungi kota ini jika suatu saat nanti berkesempatan mengunjungi Eropa kembali.



Bandara Vaclav Havel Airpot yang biasa saja

Bandara merupakan salah satu pintu gerbang utama untuk menuju ke suatu negara. Kesan pertama suatu negara bisa saja dilihat dari bandaranya. Tapi tak selama kesan pertama itu bisa menjadi patokan seluruh perjalanan yang akan kita mulai. Seperti kesan saya terhadap Bandara Vaclav Havel Airport yang ada di Praha. Sebenarnya tidak ada yang buruk dengan bandara ini. Tapi buat saya bandara ini terlihat biasa saja dan kurang menarik. Berbanding terbalik dengan pemandangang Kota Praha yang buat saya sangat cantik. Saya hanya sempat melihat Terminal 2 yang digunakan untuk penerbangan dari dan menuju ke negara-negara Eropa saja.


Gedung berwarna-warni

Pemandangan Kota Praha dari atas bukit


Kalau Belanda didominasi oleh gedung-gedung dengan warna merah bata, di Praha gedungnya lebih berwarna-warni. Tidak ada gedung atau rumah yang berdiri sendiri ditengah Kota Praha. Praha dipenuhi oleh bangunan-bangun bertingkat baik itu pemukiman, pusat perbelanjaan, maupun perkantoran. Warna-warni gedung tersebut justru menjadikan pemandangan Praha semakin cantik dan lebih menarik. 
Kota Praha dikelilingi oleh perbukitan dan juga sungai. Dari atas bukit-bukit tersebut kita bisa melihat hampir keseluruhan warna-warni Kota Praha lengkap dengan sungai dan jembatan yang membelahnya. 

Kota yang punya tram itu terlihat seksi

Tram di Kota Praha

Buat saya, kota yang masih mempunyai jalur tram itu lebih terlihat seksi. Angkutan umum yang mirip dengan kereta api namun dengan ukuran yang lebih kecil ini memang cukup unik. Jalurnya juga mirip dengan kereta api namun dibuat melintasi tengah kota. Namun bedanya jalur tram tetap bisa dilewati oleh kendaraan lain. Yang menarik adalah Praha masih menggunakan beberapa armada tram lama yang mereka miliki yang justru membuat pemandangan menjadi semakin cantik. Tram-tram tersebut melintasi jalur-jalur di Kota Praha yang seolah-olah membelah gedung-gedung di Praha yang berwarna warni. 

Selain tram  angkutan lain di Praha yang saya suka adalah metro. Mungkin karena ke-ndeso-an saya sampai sekarang saya masih terus bertanya bagaimana caranya mereka membangun jalur kereta yang ada dibawah tanah ini. Untuk menuju ke stasiun bawah tanah tersebut kita harus menggunakan tangga berjalan yang cukup panjang dan curam dengan diringi oleh sepoi-sepoi angin yang juga ikut masuk.

Kastil dan gereja-gereja kuno yang cantik

Gereja Katedral St. Vitus

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Praha adalah mengunjungi Prazky Hrad atau Kastil Praha yang berada diatas bukit. Kastil ini merupakan kastil terbesar di dunia dan didirikan pada sekitar tahun 880 M. Kastil ini dulunya merupakan kediaman dari raja-raja Ceko. Sekarang tempat ini dijadikan sebagai kediaman Presiden Ceko.

Di komplek kastil ini terdapat beberapa gereja cantik. Salah satunya adalah Gereja Katedral St. Vitus yang dibangun pada abad ke-14. Gereja ini bergaya gothik yang dilengkapi dengan sebuah menara lonceng. Menara tersebut merupakan bangunan tertinggi yang ada dikawasan tersebut.



Dihampir seluruh penjuru Kota Praha kita juga masih bisa menemukan gereja-gereja cantik lainnya dengan mudah. Sampai sekarang gereja-gereja tersebut masih tetap digunakan sebagai tempat ibadah. Semua orang diperbolehkan untuk masuk kedalam gereja selama tidak mengganggu orang yang sedang beribadah.


(Bersambung)

2 comments:

  1. Tiap lihat foto dan baca cerita tentang Praha bawaannya selalu baper, gandeng pasangan jalan ke sana #halah hahaha. Mas Aris tinggal di Eropa kah? atau sedang berlibur? Salam kenal di sini. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali Mas Halim Santoso. Saya tinggal di Jogja. Tapi kebetulan 2 bulan yang lalu berkunjung ke Praha. Semoga bisa segera kesana mas. Cantik banget kotanya menurut saya

      Delete