Saturday, July 23, 2016

Pagoda Avalokitesvara Semarang - Pagoda Tertinggi di Indonesia

Yang pernah melewati jalan dari Semarang menuju ke Solo/Jogja atau sebaliknya melewati daerah Banyumanik pasti pernah melihat pagoda yang satu ini. Pagoda Avalokitesvara ini terletak di kompleks Vihara Buddhagaya Watugong.

Pagoda Avalokitesvara


Pagoda Avalokitesvara mempunyai ketinggian sekitar 45 meter dan pernah ditetapkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. Pagoda ini masih digunakan sebagai tempat ibadah sampai saaat ini. Namun masyarakat umum juga diperbolehkan untuk masuk tanpa dipungut biaya. Pengunjung hanya membayar biaya parkir kepada satpam seikhlasnya. Walaupun diperbolehkan masuk, kita harus tetap menghormati orang yang sedang beribadah serta mentaati peraturan yang ada.


Pagoda Avalokitesvara ini dibangun diatas tanah yang letaknya lebih tinggi. Untuk menuju ke pagoda ini kita harus melewati beberapa anak tangga yang tidak terlalu tinggi. Sebelum naiknya tangga, kita bisa melihat sebuah pohon doa yang cukup besar. Kenapa saya sebut dengan pohon doa? Karena di pohon ini banyak ditempel kain-kain berwarna merah yang berisi berbagai doa. Selain itu juga terdapat sebuah altar tepat dibawah pohon ini juga yang bisa dijadikan sebagai tempat berdoa.



Pagoda Avalokitesvara ini terdiri dari 7 tingkat yang semakin keatas merucut semakin kecil. Disetiap tingkatannya terdapat patung Dewi Kwan Im. Pagoda ini memang diperuntukan untuk memuja Dewi Kwan Im yang merupan Dewi Welas Asih. Jika kita melihat lebih dekat. ternyata pagoda ini dibangun diatas sebuah kolam yang bentuknya mirip dengan bunga teratai.



Sementara itu, disamping kiri bangunan pagoda ini terdapat Sleeping Buddha atau Buddha tidur. Dan di dekat tempat ini juga rencananya akan dibangun patung Buddha yang tingginya sekitar 36 meter.

No comments:

Post a Comment