Friday, May 13, 2016

Wajah Alun Alun Batang Kini




Dulu mungkin tidak banyak orang yang tau bahwa ada sebuah kabupaten di  Jawa Tengah yang bernama Batang. Bahkan orang-orang yang sama-sama tinggal di Jawa Tengah sekalipun seperti  ada yang tidak tau tentang keberadaan kabupaten termuda di Jateng ini. Orang baru tau Kabupaten Batang setelah dijelaskan bahwa Batang itu letaknya berbatasan dengan Kota Pekalongan. Mau tidak mau orang Batang yang tinggal diluar kota setiap ditanya asalnya dari mana harus menjelasnya secara detail dulu bahwa Batang itu tetangga dekat dari Pekalongan.





Namun kini Batang tidak seasing dulu dan sudah cukup banyak dikenal orang. Apalagi setelah Bupati Batang Saat ini Yoyok Riyo Sudibyo pernah mendapatkan Penghargaan Bung Hatta –Anti Corruption Award 2015 bersama Walikota Surabaya Tri Risma Harini atas kiprahnya dalam pemberantasan korupsi  melalui sistem pemerintahan yang bersih. Lambat laun akhirnya banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan kabupaten yang (katanya) merupakan kabupaten termiskin di Jawa Tengah ini. Pengenalan Kabupaten Batang ini juga dilakukan dengan beberapa pembangunan tulisan “Batang” dibeberapa tempat seperti diperbatasan wilayah dengan Kabupaten Kendal dan Kota Pekalongan serta Alun Alun Kabupaten mengingat letak Batang yang cukup strategis karena berada dijalur pantai utara Jawa yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya agar orang lebih mudah mengingat nama Batang.



Pembenahan lain yang cukup berhasil yang dilakukan oleh Yoyok Riyo Sudibyo adalah merubah kawasan Alun Alun Batang yang dahulu terkesan kumuh menjadi  lebih cantik. Yang tidak berubah dari alun alun ini hanyalah pohon beringin tua yang ada ditengah yang sayangnya kini sudah tumbang akibat angin kencang. Kursi-kursi sudah ditambah agar warga Batang bisa menghabiskan waktu sambil duduk-duduk santai. Selain itu rumput-rumput yang ada ditengah alun alun ini juga sudah dibenahi sehingga terlihat lebih hijau dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk lesehan. Tidak ketinggalan juga para pedagang makanan yang ada disekitar alun alun sudah dibenahi dengan dibangunkan tempat khusus sehingga lebih teratur dan enak dipandang.



Setiap sore warga berkumpul di Alun Alun Batang untuk sekedar menghabiskan waktu atau mengajak anaknya bermain. Setiap sore sisi selatan dari tempat ini dipenuhi dengan berbagai jenis permainan anak mulai dari pemancingan sampai dengan mobil-mobilan.



Sementara Jalan Veteran yang menghubungkan Pendopo Kabupaten dan Alun Alun juga tidak kalah ramai. Jalanan ini dipenuhi warga maupun berbagai komunitas di Batang yang sedang berkumpul. Jika dulu Rumah Dinas Bupati Batang selalu tertutup untuk umum, kini tempat tersebut setiap harinya dibuka untuk umum. Siapa saja bisa datang dan bermain didepan rumah dinas tersebut.  Ada ring basket yang bisa digunakan untuk olahraga maupun taman buah dan sayur yang bisa dilihat.

Semoga Kabupaten Batang kedepannya bisa lebih baik dan semakin berkembang sesuai dengan slogannya Batang Berkembang. 

No comments:

Post a Comment