Monday, May 23, 2016

Spot Riyadi: Spot Terbaik Untuk Menikmati Pemandangan di Prambanan Dari Ketinggian




Wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman memang dikelilingi oleh perbukitan disisi selatannya. Dari perbukitan tersebut kita bisa menikmati pemandangan Prambanan dari ketinggian. Ada beberapa tempat  yang bisa didatangi untuk menikmati pemandangan tersebut seperti Candi Ratu Boko atau Restoran Abhayagiri. Dan yang terbaru adalah Spot Riyadi.





Spot Riyadi teretak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Dinamakan dengan Spot Riyadi karena lokasi ini berada persis didepan rumah penduduk yang bernama Riyadi. Sebenarnya tempat ini sudah populer dikalangan fotografer maupun goweser Jogja sejak lama. Namun baru akhir-akhir ini saja masyarakat umum mulai mengetahui tempat ini. Tempatnya sebenarnya tidak terlalu istimewa. Yang istimewa adalah pemandangan yang bisa kita dapatkan dari tempat ini.



Dari Spot Riyadi ini kita  akan disuguhi dengan pemandangan petak-petak sawah hijau yang ada dibawah bukit. Ada rel kereta api yang tampak  membelah persawahan tersebut. Jika ada kereta yang lewat, kita bisa masih bisa melihat dan mendengar suara kereta api tersebut dengan jelas. Yang menjadi pemandangan favorit dari tempat ini adalah Candi Prambanan yang tampak dari kejauhan. Dengan kamera dengan tele yang bagus, Candi Prambanan yang dikelilingi oleh pepohonan tersebut akan menjadi sebuah pemandangan yang cukup epik. Apalagi jika pada hari pada saat kabut masih menyelimuti kawasan. Candi lain yang masih tampak jelas dari Spot Riyadi ini adalah Candi Sojiwan. Pada saat cuaca cerah, jika beruntung kita juga bisa melihat Gunung Merapi yang menampakan kegagahannya.



Pada malam hari tempat ini akan berubah menjadi seperti Bukit Bintang yang ada di Piyungan, Kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu yang tampak seperti bintang di langit. Tempat ini masih "dikelola" sendiri oleh Pak Riyadi. Dia membuka warung didepan rumahnya. Warung tersebut menjual minuman seperti kopi dan juga makanan ringan. Tidak ada biaya masuk atau biaya parkir ditempat ini. Semuanya bisa datang ke Spot Riyadi secara gratis.

1 comment:

  1. Coba pake lensa tele gan.. Pasti lebih keren..
    Terima kasih sudah berbagi..

    Monggo mampir di mari: SPOT RIYADI; MENIKMATI KEMEGAHAN CANDI PRAMBANAN

    ReplyDelete