Wednesday, May 18, 2016

Ciblon di Sendang Pajangan, Ngemplak

Setelah sekian lama mendiamkan dan membiarkan sepeda kesayangan berkarat, Minggu pagi ini saya mencoba untuk menyentuhkan kembali. Kasian kalau terlalu lama dianggurin di kosan, bisa-bisa nanti bertambah karatnya.
Mengingat juga perut yang semakin melebar kesamping, sepertinya program sepedaan rutin harus kembali dijalankan agar perut tidak semakin membulat.







Awalnya tidak ada tujuan khusus mau pergi sepedaan kemana karena sepeda juga sudah cukup ringkih untuk dibawa ketempat yang cukup jauh. Akhirnya bersama teman saya diputuskan sepedaan menuju ke Sendang Pajangan yang ada di Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya menngunjungi tempat ini. Sebelummnya saya juga pernah mengunjungi Sendang Pajangan, tapi naik sepeda motor. Beruntunglah saya masih punya ingatan yang cukup kuat sehingga tidak tersasar saat berangkat.





Sendang Pajangan ini sebenarnya hanya sebuah kolam kecil dipinggiran sawah dengan air yang cukup jernih. Kolamnya sendiri berada seperti dibawah pondasi bangunan yang tidak diteruskan pembangunannya. Saya kurang tau bangunan apa yang sebenarnya dulu ingin didirikan. Kedalamannya hanya sekitar 1,5 sampai 1,8 meter. Cukup aman untuk yang tidak terlalu bisa berenang. Jika masih pagi dan belum terlalu banyak orang yang datang, kita bisa melihat dasar kolam dengan jelas dan ikan-ikan kecil yang sedang berenang. Dari atas puing-puing bangunan yang ada ditempat ini kita bisa melompat kedalam kolam untuk merasakan sensasi yang berbeda. Sementara air yang mengalir dari kolam ini digunakan oleh penduduk sekitar untuk mencuci pakaian.



Dipinggir Sendang Pajangan ini terdapat sebuah warung kecil yang menjual minuman dan gorengan hangat. Cocok dimakan setelah dingin-dingin mencebur di air untuk menghangatkan tubuh. 

No comments:

Post a Comment