Friday, April 15, 2016

Wedang Ronde Kauman Mbah Paiyem, Langganan Pak Harto

Namanya Mbah Paiyem
Usianya sudah tidak muda lagi yaitu 90 tahun. Namun simbah yang satu ini tetap rajin berjualan wedang ronde setiap harinya. Untuk menemukan wedang ronde Mbah Paiyem yang lebih populer dikenal dengan Wedang Ronde Kauman ini tidak terlalu susah. Tempat jualan Mbah Payem berada dipinggir Jalan Kauman yang hanya berjarak sekitar 100 meter arah barat dari Alun-alun Utara maupun Keraton tepatnya didepan Naufal Optik. Dulu pertama kali nyoba wedang ronde ini karena dikasih tau teman yang kebetulan tinggal tidak terlalu jauh dari tempat Mbah Paiyem Berjualan.







Setiap harinya Mbah Paiyem berjualan seorang diri. Anak-anaknya yang usianya juga sudah tidak muda lagi hanya membantu mendorong gerobak saat sebelum dan sesudah jualan. Namun semua persiapan bahan sampai pengolahan ronde yang berbahan dasar beras ketan tersebut dilakukan sendiri oleh Mbah Paiyem. Kata si Mbah Paiyem, dia sudah berjualan sejak tahun 60an. Dulu dia berjualan bersama almarhum suaminya. Sampai saat ini Mbah Paiyem masih setia dengan racikan bahan-bahan seperti saat pertama kali berjualan sehingga rasa wedang rondenya mempunyai cita rasa yang sangat khas. Wedang Ronde Mbah Paiyem ini merupakan wedang ronde langganan keluarga Presiden Soeharto saat berlibur ke Jogja.



Wedang Ronde Mbah Paiyem ini buka mulai pukul 18.30 sampai dengan sekitar pukul 23.00. Namun kalau sedang rame bisa tutup lebih cepat. Mbah Paiyem berjualan dengan menggunakan gerobak hanya diterangi menggunakan lampu minyak.
Karena tenaga Mbah Paiyem yang sudah terbatas, kita harus sabar untuk bisa mendapatkan giliran untuk mencicipi wedang rondenya. Terutama kalau sedang ramai pengunjung.


No comments:

Post a Comment