Thursday, February 4, 2016

Bubur Gudeg, Sarapan Pagi Khas Jogja

Tulisan Aris - Salah satu makanan yang mungkin paling banyak dicari orang saat berkunjung ke Jogja adalah gudeg. Katanya tidak lengkap rasanya jika ke Jogja tidak mencicipi makanan yang terbuat dari buah nangka tersebut.



Salah satu sentra penjualan gudeg yang paling terkenal di Jogja adalah di Jalan Wijilan yang terletak tidak jauh dari Keraton Yogyakarta maupun jalan yang ada dibelakang Fakultas Kehutanan UGM. Selain itu banyak juga penjual gudeg yang hanya bisa dijumpai pada malam hari seperti Gudeg Mbak Sasha, Gudeg Pawon, dan Gudeg Bromo Bu Tekluk.


Berbeda dengan gudeg pada umumnya, gudeg bubur biasanya hanya dijual pada pagi hari dan biasa dijadikan sebagai menu sarapan. Bubur gudeg merupakan jenis gudeg basah dengan rasa perpaduan gurih yang berasal dari bubur, rasa manis dari gudeg, dan rasa yang sedikit pedas yang berasal dari kuah opor atau kuah sambel krecek. Pagi ini saya mencoba membeli  bubur gudeg yang ada di Jalan DI Panjaitan Minggiran.



Sama seperti gudeg pada umumnya, ada berbagai jenis lauk yang bisa kita pilih sepeti telur, tahu, ayam suwir, maupun tempe. Satu porsi bubur gudeg ditambah dengan satu telur bacem dan tahu bisa kita peroleh dengan harga Rp 7 ribu.




No comments:

Post a Comment