Monday, January 25, 2016

Taman Parkir Abu Bakar Ali Malioboro

Tulisan Aris - Bukan karena pengen jadi anak kekinian saya bisa sampai di Taman Parkir Abu Bakar Ali yang terletak di ujung Jalan Malioboro yang bersebelahan dengan rel kereta api ini, tapi karena kebetulan pada waktu itu seluruh kawasan Malioboro memang harus terbebas dari parkir kendaraan bermotor karena akan digunakan sebagai salah satu tempat untuk perayaan Tahun Baru 2016.





Selain Taman Parkir Abu Bakar Ali ini, masih ada satu taman parkir sejenis di Kota Jogja yang berada di daerah Ngabean. Namun yang membedakan adalaj Taman Parkir yang ada di Jalan Abu Bakar Ali ini juga diperuntukan untuk parkir sepeda motor juga.



Taman Parkir Abu Bakar Ali terdiri dari 3 lantai dengan konstruksi baja. Lahan paling bawah atau dasar dipergunakan untuk parkir bus pariwisata sementara lantai atas digunakan untuk parkir sepeda motor. Sebetulnya Taman Parkir Abu Bakar Ali ini belum benar-benar selesai pengerjaannya dan hanya dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2015 yang lalu. Kemudian ditutup kembali pada hari berikutnya untuk proses penyelesaian.



Tapi namanya juga Jogja, tempat atau benda apapun bisa menjadi menarik. Sama seperti Taman Parkir Abu Bakar Ali ini. Setelah ada beberapa foto tempat ini yang beredar di media sosial, keesokan harinya tempat ini langsung didatangi banyak orang yang ingin ikutan berburu foto atau hanya sekedar foto selfie biar bisa dibilang kekinian. Walaupun sebenarnya tempat ini belum dibuka untuk umum.



Dari atas Taman Parkir Abu Bakar Ali ini kita bisa menyaksikan pemandangan kearah Malioboro, Stasiun Tugu, Kali Code dan Sekitarnya. Kalau sedang beruntung dan cuacanya sedang cerah, kita pun bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang cukup cantik namun terhalang oleh gedung tinggi yang sekarang sudah banyak berdiri disepanjang Jalan Pasar Kembang.



Dan buat saya, Taman Parkir Abu Bakar Ali ini adalah salah satu tempat atau spot baru untuk melihat kereta api yang sedang melintas di Jembatan Kali Code maupun kereta api yang baru saja keluar dari Stasiun Tugu.



Video KA Prameks sedang melintas di atas Jembatan Kali Code

No comments:

Post a Comment