Wednesday, January 20, 2016

Menikmati Kesegaran Es Dawet Selasih Bu Watik di Pasar Gede Solo



Jika jalan-jalan ke Solo, mungkin kuliner yang paling banyak dicari orang adalah selat solo ataupun nasi liwet yang memang lebih terkenal. Tapi sebenarnya di Solo kita masih bisa menemukan banyak kuliner lain termasuk jajanan ringan yang wajib kita cicipi seperti es krim ndeso dan es dawet selasih.



Jika penjual es krim ndeso bisa kita jumpai disekitar Pura Mangkunegaran, untuk mencicipi es dawet selasih kita bisa menuju ke Pasar Gede Solo yang terletak tidak terlalu jauh dari Kantor Walikota Surakarta. Di dalam Pasar Gede kita bisa menemukan banyak penjuak es dawet selasih. Namun yang paling terkenal adalah Es Dawet Selasih Ibu Watik yang menempati sebuah los kecil ditengah pasar yang sekarang ini sudah dikelola oleh generasi kedua.



Berbeda dengan es dawet pada umumnya, es dawet selasih terdiri dari dawet, biji selasih, tape ketan, irisan buah nangka, dan santan. Selain itu gula yang digunakan untuk membuat es dawet adalah gula pasir bukan gula merah.
 

Perpaduan bahan-bahan tersebut menjadikan es dawet selasih mempunyai rasa campuran antara manis, gurih, harum dan segar. Tambahan daun pandan pada santan dan potongan buah nangka menjadikan es dawet selasih punya aroma yang cukup harum.Es dawet selasih disajikan dalam sebuah mangkuk kecil. Per porsinya dijual dengan harga delapan ribu rupiah.


No comments:

Post a Comment