Wednesday, September 23, 2015

Tamansari Water Castle: Tempat Pemandian Istri Raja




Tempatnya yang indah serta letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kraton Yogyakarta menjadikan Tamansari rame dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Tempat ini juga sangat mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari Kawasan Malioboro. Tapi jika ada yang merasa jarak tersebut cukup jauh, masih ada becak yang bisa dipilih dengan harga yang cukup terjangkau.



Tamansari Water Castle ini merupakan tempat pemandian bagi istri atau selir dari Raja Yogyakarta pada masa lampau. Tamansari dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I pada sekitar tahun 1758 pada lahan seluas kurang lebih 10 hektar. Bukan hanya kolam pemandian saja yang ada didalam kompleks Tamansari ini, tetapi ada juga kanal air, jembatan gantung, sampai dengan danau dan pulau buatan.



Kompleks pemandian Tamansari ini dahulunya dikelilingi oleh kebun buah yang sangat luas. Namun saat ini hanya beberapa kolam dan bangunan saja yang masih bisa kita lihat sampai saat ini. Sementara kebun-kebun buah yang dulu ada sekarang sudah berubah menjadi pemukiman penduduk yang cukup padat. Entah sejak kapan kebun-kebun buah tersebut berangsur-angsur ditumbuhi oleh rumah-rumah beton.



 Karena kecantikan tempat ini, Tamansari sudah sering dijadikan sebagai lokasi syuting untuk beberapa film dan video klip. Selain itu juga Tamansari biasa dijadikan sebagai tempat untuk pengambilan foto prewedding.

Namun sayangnya, pada saat saya berkunjung air yang ada di kolam utama sedang kosong karena sedang dalam proses pembersihan.


No comments:

Post a Comment