Monday, September 14, 2015

Kemeriahan Festival Payung Indonesia 2015 di Taman Balekambang, Solo



Festival Payung Indonesia 2015 yang mengambil tema "Umbrella Reborn" yang diselenggarakan di Taman Balekambang, Solo ini baru saja berakhir. Festival yang diselenggarakan sejak Jum'at - Minggu tanggal 11 -13 September 2015 ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta sebagai ajang untuk mempertemukan para pelaku industri kreatif payung dan penggiat seni karnaval serta masyarakat dalam upaya melestarikan kerajinan payung di Indonesia.




Memasuki pintu gerbang taman yang merupakan hadiah dari Mangkunegara VII kepada kedua putrinya Partinah dan Partini ini kita disambut dengar dekor dari berbagai jenis payung. Selain itu air mancur yang berada di bawah patung Partinah juga disulap menjadi panggung cantik yang juga dipenuhi dekorasi dari payung. Yang tidak kalah menarik adalah adanya pohon payung yang terbuat dari bambu yang ditempel dengan banyak payung warna-warni yang cantik.



Acara Festival Payung Indonesia 2015 ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara seru lainnya seperti pasar payung dari berbagai perajin payung yang berasal dari berbagai kota seperti Klaten, Pekalongan, Tasikmalaya, dan perajin lokal di Solo. Ada juga stand dari beberapa negara lain seperti China dan Thailand yang memberikan kursus singkat melukis payung. Banyak pengunjung terutama ibu-ibu terlihat sangat antusias mengikuti kursus singkat tersebut.




Yang paling meriah tentu saja adalah kehadiran ribuan pengunjung yang hadir dan berlomba-lomba untuk narsis dan berfoto selfie dengan bcakground payung-payung yang ada. Beberapa pengunjung bahkan harus ditegur oleh panitia acara karena berpotensi merusak dekorasi payung yang ada. Yah begitulah, mereka mungkin lebih senang untuk mengeksiskan diri daripada menikmati acaranya itu sendiri.


No comments:

Post a Comment