Sunday, September 13, 2015

Jangan Lupa Cicipi Es Krim Ndeso Ini Kalau ke Solo

Mengunjungi suatu daerah memang tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati wisata kulinernya. Tidak hanya kuliner-kuliner yang sudah terkenal saja, tetapi juga kuliner kecil lainnya yang. Seperti kalau ke Solo jangan sampai lupa untuk menikmati kesegaran es krim ndeso.





Disebut dengan es krim ndeso karena makanan yang satu ini dulunya hanya dinikmati orang-orang yang tinggal di desa saja. Es krim merupakan makanan yang berasal dari Eropa dan hanya bisa dinikmati oleh orang Eropa dan beberapa kalangan tertentu saja di Solo. Sampai akhirnya ada penduduk lokal yang mencoba membuat es krim dengan berbagai bahan yang bisa didapatkan di pasar lokal.



Es krim ndeso ini dibuat menggunakan es batu, serutan kelapa muda, santan, gula, garam, dan tape ketan. Nama lain dari es krim ndeso ini adalah es puter karena cara pembuatannya dengan cara memutar mutar panci atau tabung yang didalamnya terdapat campuran es dan bahan lainnya. Sampai saat ini para penjual es krim ndeso masih setia menggunakan gerobak sepeda untuk menjajakan dagangan mereka.



Harga perporsi dari es krim ndeso ini adalah Rp 5.000. Penjual es krim ndeso bisa ditemukan dihampir seluruh wilayah Solo. Namun penjual es krim ndeso yang paling banyak terdapat disekitar Pura Mangkunegoro dan Pasar Triwindu.

Jadi kalau ke Solo jangan lupa untuk cicipi es krim ndeso ini.

No comments:

Post a Comment