Loji Gandrung: Rumah Kuno Megah yang Mempesona



Orang Solo boleh berbangga punya City Walk yang membentang sepanjang Jalan Slamet Riyadi. City Walk ini jugalah yang menjadi salah satu tempat favorit saya di Solo. Saya sering berjalan kaki dari ujung Jalan Slamet Riyadi di depan Stasiun Purwosari sampai ujung jalan satunya di kawasan Gladak. Selain pedestriannya yang cukup luas, City Walk ini juga juga teduh karena banyak terdapat pohon besar dipinggirnya sehingga membuat orang nyaman untuk berjalan disini.


Selain itu kenapa alasan lain kenapa saya menjadikan Jalan Slamet Riyadi menjadi tempat favorit adalah karena banyaknya gedung atau rumah kuno disepanjang jalan ini yang beberapa diantaranya masih sangat terjaga dengan baik sampai sekarang, Salah satunya adala Loji Gandrung.

Loji jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia artinya adalah rumah besar yang bertembok dan bagus. Sedangkan Gandrung artinya adalah senang atau bersenang-senang. Rumah ini memang didirikan oleh Pakubuwono X untuk mengadakan pertemuan dan pesta dansa bersama rekan-rekannya yang berasal dari bangsa Belanda. Sementara nama Loji Gandrung sendiri diberikan oleh Preseiden Soekarno yang dahulu juga sering menginap dirumah ini. Saat ini Loji Gandrung difungsikan sebagai Rumah Dinas Walikota Surakarta.



Tidak jauh dari Loji Gandrung masih ada satu lagi rumah kuno yang menjadi favorit saya. Rumah dengan 2 lantai dan berjendela besar ini dikelilingi oleh taman dengan pohon-pohon yang tinggi. Di bagian depan rumah terdapat balkon yang menghadap langsung ke jalan raya.
Seandainya saya yang punya rumah ini, pasti balkon tersebut saya gunakan untuk ngopi-ngopi tiap pagi atau sore

No comments:

Post a Comment