Wednesday, August 12, 2015

Curug Bajing: Air Terjun Cantik di Petungkriyono


Petungkriyono adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah yang sebagian wilayahnya berada di Perbukitan Dieng sebelah utara. Seperti wilayah lainnya di Dieng di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Petungkriyono juga mempunyai pemandangan alam yang cantik. Mulai dari hutan yang masih hijau sampai perbukitan yang menjulang tinggi serta beberapa curug atau air terjun yang cantik. Salah satunya adalah Curug Bajing.



Curug Bajing terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono. Menurut cerita, alasan kenapa air terjun ini dinamakan Curug Bajing adalah karena dari kejauhan air terjun ini tampak seperti ekor tupai atau yang dalam Bahasa Jawa disebut Bajing. Curug Bajing terdiri dari satu air terjun utama yang tinggi dan beberapa air terjun kecil yang berasal dari air yang mengalir dibawahnya.




Curug ini kini menjadi salah satu tempat wisata utama di Kabupaten Pekalongan karena pemandangannya yang indah dan akses jalannya yang cukup mudah. Hanya beberapa ruas jalan saja yang sudah mulai rusak aspalnya. Dari Kota Pekalongan Curug Bajing bisa dicapai melewati rute menuju ke Pasar Doro lalu lurus terus keselatan melewati kawasan Ekowisata Petungkriyono sampai di Kantor Kecamatan Petungkriyono. Sudah ada petunjuk jelas menuju ke Curug Bajing didekat Kantor Kecamatan Petungkriyono.



Selama perjalanan menuju ke Curug Bajing terutama setelah melewati gerbang Kawasan Ekowisata Petungkriyono kita akan disuguhi pemandangan yang cantik seperti hutan bambu, sawah terasering, dan beberapa air terjun kecil lainnya. Petungkriyono sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tempat wisata yang bisa menarik banyak orang untuk berkunjung.


Saat berkunjung kesana, Curug Bajing terlihat cukup bersih. Tidak banyak sampah yang dibuang oleh pengunjung secara sembarangan. Semoga kebersihannya tetap terjaga terus.



2 comments:

  1. Wah seneng mendengar ada air terjun yang bersih walaupun dikunjungi banyak pengunjung. Tapi kok aku masih susah membayangkan itu air terjunnya mirip bajing ya? :D

    ReplyDelete
  2. BUTUH PERLENGKAPAN UNTUK PETUALANGAN KALIAN....
    Dekat sekali atau sebelum ke lokasi Curug Bajing. Petungkriyono Pekalongan

    WANI ADVENTURE
    TOKO OUTDOOR PEKALONGAN
    JL KEMIRI 25 BLOK A BINA GRIYA PEKALONGAN
    08156556878

    ReplyDelete