Monday, June 8, 2015

Menikmati Sunset Indah di Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah salah satu tempat yang tepat jika ingin menikmati sunset yang di Jogja. Embung atau waduk buatan ini tepat berada dibawah Gunung Api Purba Nglanggeran yang juga punya pemandangan yang tidak kalah indah. Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunungkidul. Embung ini dibangun dengan tujuan sebagai sumber pengairan atau irigasi kebun buah yang ada disekitarnya.




Untuk menjangkau tempat ini dari Kota Jogja sangat mudah, apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor atau mobil. Dari Kota Jogja kita bisa mengambil rute melewati Jalan Wonosari sampai melewati jalan menanjak yang ada di kawasan Bukit Bintang. Setelah selesai melewati tanjakan lalu ambil jalan yang belok kiri. Setelah itu ikuti jalan utama sampai ketemu dengan pemandangan banyak pemancar TV ditengah sawah itu artinya kita hampir sampai di Gunung Api Purba Nglanggeran. Setelah melewati turunan kemudian belok kanan mengikuti jalan sampai ketemu petunjuk selanjutnya. Gampang kok carinya. :D



Biasa masuk ke Embung Nglanggeran adalah Rp 5.000/orang ditambah dengang biaya parkir Rp 2.000 untuk motor. Dari pos retribusi kita masih harus melewati jalanan yang dilapisi dengan semen dan berbatu sebelum sampai di parkiran. Sepertinya jalan ini tidak mengalami perubahan sama sekali sejak saya mengunjungi Embung Nglanggeran untuk pertama kali. Tidak bisa dikatakan buruk, namun tidak masuk juga dalam kategori yang baik.




Dari parkiran di Embung Nglanggeran kita bisa melihat Gunung Api Purba Nglanggeran yang terlihat sangat kokok disebrang. Sementara disisi lain kita bisa melihat bukit-bukit yang memanjang menutupi sebagian wilayah Kabupaten Gunungkidul. Kita terlebih dahulu harus menaiki anak tangga yang tidak terlalu tinggi untu bisa sampai di Embung Nglanggeran. Tapi bagi yang jarang berolahraga, tangga tersebut bisa cukup menguras tenaga. :p


Dan setelah sampai diatas kita tinggal untuk menikmati pemandangan yang indah denga duduk di bangku-bangku yang tersedia dipinggiran embung ataupun di gazebo yang ada diatas. Dan salah satu pemandangan terbaik di Embung Nglanggeran adalah sunsetnya yang indah.




No comments:

Post a Comment