Monday, June 15, 2015

Melihat Kuala Lumpur dari Ketinggian di KL Tower

KL Tower tampak dari hotel tempat saya menginap di Bukit Bintang


Selain Menara Kembar Petronas, masih ada satu tempat lagi yang bisa dikunjungi untuk menikmati pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian. Tempat tersebut adalah Menara Kuala Lumpur atau yang biasa disebut dengan KL Tower. Menara setinggi 451 meter yang terletak di Kawasan Bukit Nanas, Kuala Lumpur ini merupakan menara tertinggi ke-6 di dunia yang mulai dibangun oleh Pemerintah Kerajaan Malaysia untuk memperlancar komunikasi dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1995. Karena letaknya yang berada diatas bukit, KL Tower tampak lebih tinggi dari Petronas Tower.




Pemandangan jalanan di KL

Saya bersama teman saya memutuskan untuk berjalan kaki saat menuju ke KL Tower dan sengaja tanpa membawa peta atau penunjuk jalan apapun untuk menuju ke tempat tersebut. Bukan apa-apa, kami hanya ingin menikmati suasana jalanan di Kuala Lumpur yang pada pagi hari tersebut masih terasa agak lengang. Karena ketinggian bangunan KL Tower tersebut, tanpa membawa petunjuk pun kami tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Walaupun kadang satu atau dua kali kita harus berdebat jalan mana yang harus kita lalui, karena kadang-kadang kita sudah merasa melewati jalan yang benar namun pada saat melihat keatas KL Tower justru terlihat semakin menjauh.

KL Tower dilihat dari bawah
Setelah berjalan cukup jauh, akhirnya kami menemukan juga papan bertuliskan Menara Kuala Lumpur dalam Bahasa Melayu maupun tulisan Arab. Namun perjuangan tidak terhenti sampai disitu saja, untuk menuju ke pelataran Menara Kuala Lumpur harus terlebih dahulu melewati jalanan yang cukup menanjak dan menguras tenaga. Tapi tidak perlu khawatir, pihak KL Tower menyediakan mobil jemputan untuk para pengunjung yang bisa digunakan dari bawah untuk menuju ke parkiran.

Pony ride di KL Tower
Harga tiket untuk bisa naik ke observatorium yang ada di lantai paling atas KL Tower adalah RM 50. Harga itu sudah termasuk dengan paket untuk menikmati suasana Sirkuit Sepang mini atau menaiki kuda poni di area KL Tower. Dan saya harus kecewa ternyata karena telah memilih paket untuk menaiki kuda poni karena ternyata kuda itu hanya berputar di dekat tempat parkir mengelilingi jalan tidak lebih dari 100 meter. :(

Kuala Lumpur yang dipenuhi gedung pencakar langit



Dari puncak KL Tower kita bisa melihat pemandangan Kuala Lumpur yang ternyata dikelilingi oleh perbukitan dan dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit yang hampir merata disemua wilayahnya. Tidak jauh berbeda dengan pemandangan di Kota Jakarta. Tersedia banyak teropong yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan kearah Kuala Lumpur.



KL Tower ini mungkin bisa jadi salah satu pilihan tempat yang bisa dikunjungi saat berada di Kuala Lumpur bagi para pecinta ketinggian dan juga gedung-gedung pencakar langit.

1 comment:

  1. Take me there waaaaaa take me thereeeee... :))

    ReplyDelete