Tuesday, June 16, 2015

Madurodam: Taman Mini-nya Belanda


Kalau di Jakarta ada di Taman Mini Indonesia Indah, di Kota Den Haag, Belanda ada tempat yang sejenis yang bernama Madurodam. Walaupun namanya ada kata Maduro-nya, tapi tempat ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan orang atau Pulau Madura di Indonesia. :p Namun nama Maduro diambil dari nama seorang mahasiswa hukum Yahudi dari Curacao yang merupakan anggota perlawanan Belanda terhadap penduduan Nazi yang meninggal di kamp pengungsian di Dachau pada tahun 1945. Atas keberaniannya memimpin pasukan Belanda melawan pasukan Jerman tersebut, Kerajaan Belanda menganugerahkan Medali Knight 4 kepada Maduro yang merupakan kedudukan tertinggi militer di Kerajaan Belanda.

Miniatur Istana Dam, Amsterdam


Madurodam sudah dibuka untuk umum sejak tahun 1952. Ditempat ini kita bisa melihat semua bangunan terkenal yang ada di seluruh wilayah Belanda seperti Jembatan Erasmus, Bandara Schipol, Istana Dam, molen atau kincir angin, sampai dengan miniatur pemukiman warga di Belanda dengan perbandingan 1:25. Seluruh miniatur yang ada di Madurodam ini dibuat dengan sangat detil sehingga orang yang ada ditempat tersebut bisa merasakan sensasi ditempat yang sebenarnya namun dalam ukuran yang sangat kecil. Dengan mendatangi Madurodam kita seolah-olah sudah mengelilingi semua wilayah Belanda.



Tempat ini sempat ditutup dan direnovasi dengan konsep baru serta penambahan beberapa bangunan baru pada tahun 2012 lalu. Madurodam menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi seluruh anak-anak yang tinggal diseluruh pelosok Belanda karena ditempat ini mereka bisa berubah menjadi monster raksasa. :D


No comments:

Post a Comment