Friday, June 12, 2015

Erasmus Bridge: Jembatan Megah Ikon Kota Rotterdam


Rotterdam adalah kota terbesar kedua di Belanda dan merupakan salah satu kota pelabuhan terbesar di dunia. Kota ini merupakan tempat wakil presiden pertama Indonesia Muhammad Hatta menuntut ilmu. Berbeda dengan Amsterdam yang masih didominasi oleh bangunan-bangunan kuno, Rotterdam terlihat lebih seperti kota metropolitan lain di dunia yang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi pencakar langitnya.




Di Kota Rotterdam terdapat sebuah sebuah jembatan megah yang melintas diatas Sungai Meuse yang bernama Jembatan Erasmus yang panjangnya sekitar 800 meter dan menghubungkan wilayah Rotterdam bagian utara dan selatan. Jembatan ini didesain oleh seorang arsitek yang bernama Ben van Berkel pada tahun 1996. Nama Erasmus diambil dari nama seorang filsuf yang bernama Desiderius Erasmus.Konon katanya Jembatan Erasmus adalah salah satu jembatan dengan konstruksi paling megah di dunia.



Seperti jembatan lain di Belanda pada umumnya, Jembatan Erasmus juga dilengkapi dengan jalur sepeda yang berada dipinggirnya. Sementara ditengahnya ada 4 lajur yang digunakan untuk jalur mobil. Sementara itu kapal-kapal masih bisa berlalu lalang dibawah Jembatan Erasmus ini. Katanya Jembatan Erasmus ini akan terlihat sangat megah karena kerlap-kerlip lampu yang menyala. Namun sayangnya saya hanya singgah di Rotterdam hanya pada siang hari sehingga tidak bisa melihat pemandangan cantik tersebut.



2 comments:

  1. luar biasa memang traveler yang satu ini. aku masih sekolah, dianya udah keliling Eropa :))

    ReplyDelete
  2. Boleh nih mas lain kali posting tentang how to get there, misalnya kepengurusan pasport dan visa gituu.. hehe..

    ReplyDelete