Sunday, April 12, 2015

Gunung Andong ini Cocok Untuk Para Pendaki Pemula


pict by: Mirza Halim
Ini adalah kali kedua saya mendaki Gunung Andong. Beberapa minggu yang lalu saya juga sempat naik gunung yang berlokasi di Sawit, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini bersama teman. Namun sayang, kami sama sekali tidak bisa mendapatkan pemandangan indah karena selama disana kabut tebal terus menutupi. Pun Sama dengan hari ini, kabut tebal juga sempat menyelimuti kawasan ini sejak pagi hari. Ratusan orang yang sudah memadati Gunung Andong pagi hari harus kecewa karena sinar matahari pagi yang mereka tunggu-tunggu tidak dibiarkan muncul oleh sang kabut. Gunung Andong pada saat akhir pekan lebih mirip dengan pasar dibandingkan gunung karena banyaknya orang yang membuat tenda disemua lokasi yang ada di Gunung Andong.




Gunung Andong mempunyai ketinggian sekitar 1726 meter diatas permukaan laut. Tapi walaupun dinamakan gunung, kita bisa menjangkau puncaknya dengan mendaki kurang lebih selama satu setengah jam saja. Gunung Andong mempunyai beberapa titik puncak yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Dari puncak Gunung Andong kita bisa mendapatkan pemandangan yang sangat indah. Mulai dari penampakan gagah beberapa gunung seperti Merapi dan Merbabu maupun Gunung Sindoro dan Sumbing yang tampak dari kejauhan. Selain itu kita juga bisa melihat gugusan sawah yang terlihat sangat rapi dari ketinggian. Pemandangan indah serta jarak tempuhnya yang singkat inilah yang menjadikan Gunung Andong banyak didatangi orang saja. Terutama oleh para pendaki pemula seperti saya. Bahkan waktu pertama kali saya kesini, saya menjumpai beberapa rombongan anak SD ada di puncak Gunung Andong.


Tidak terlalu sulit untuk menuju ke Gunung Andong dari Yogyakarta. Apalagi jika menggunakan sepeda motor. Dari Jogja kita bisa mengambil jalur jalan raya Jogja-Magelang sampai di lampu merah Artos. Dari lampu merah tersebut belok kanan melewati Terminal Tidar Magelang sampai dengan lampu merah berikutnya. Setelah itu dari lampu merah tersebut belok kanan lagi mengikuti jalan raya menuju Kopeng sampai dengan pertigaan Pasar Ngablak. Dari pertigaan Pasar Ngablak tinggal belok kiri dan ikuti jalan maka kita akan melihat beberapa petunjuk menuju ke base camp pendakian menuju ke Gunung Andong.

pict by: Mirza Halim




Semakin banyaknya orang yang berkunjung ke Gunung Andong juga berpotensi semakin banyaknya sampah yang ditinggalkan orang yang tidak bertanggung jawab yang bisa mengurangi keindahan. Oleh karena itu, kalau mau berkunjung ke Gunung Andong jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang kita bawa turun kebawah agar Gunung Andong bisa tetap terlihat indah.



2 comments:

  1. Bener om,, sy jg belum lama kesana,, skrg kayak pasar,, hehe tp beruntung pagi sempat cerah, walaupun cuman sebentar,,

    ReplyDelete
  2. Makasih mas postnya membantu bgt, saya dari Jogja mau ke sana rencananya, ga tau jalan :D

    ReplyDelete