Monday, April 20, 2015

Babon Anim: Gardu Listrik Peninggalan Belanda

Sejak pertama kali tinggal di Jogja dan melewati kawasan Kotabaru ini saya sudah penasaran dengan bangunan kecil namun terlihat menarik ini. Sebelumnya saya berpikir bahwa bangunan tersebut merupakan semacam poskamling atau tempat yang biasa digunakan untuk ronda seperti yang ada di kampung-kampung. Dan ternyata dugaan itu salah, bangunan mungkin yang ada di Kotabaru tersebut ternyata bernama Babon Anim yang merupakan gardu listrik yang memang sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda dahulu.



Berdasarkan informasi yang saya baca dari internet, kata babon berasal dari Bahasa Jawa yang artinya adalah induk ayam. Orang Jawa menyebutnya dengan babon karena tempat ini merupakan gardu induk listrik untuk wilayah Kotabaru dan sekitarnya. Sedangkan  anim berasal dari kata Aniem yang merupakan singkatan dari Algeemen Nederlands Indische Electricitiet Maatschappij atau yang jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia artinya adalah Perusahaan Listrik Hindia Belanda.



Walaupun sudah tidak difungsikan lagi, Babon Anim ini masih berdiri tegak di kawasa Kotabaru di dekat bangunan Asuransi Jiwasraya. Babon Anim ini sekarang ini dindingnya sudah dihiasi oleh mural-mural cantik yang seperti kita lihat disekeliling Jogja. Selain di Kotabaru, Babon Anim juga bisa ditemukan disekitar Pasar Kotagede.

Mungkin ada yang penasaran dengan bangunan mungil yang ada di Kotabaru tersebut?

No comments:

Post a Comment