Tuesday, March 3, 2015

Sendang Ngembel: Wisata Baru Lagi di Jogja



Sebetulnya ini bukan kali pertama saya mengunjungi tempat yang berada di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul ini. Namun dulu, tempat ini tidak sebagus seperti sekarang ini. Tempat ini sudah mulai dibangun dan ditata karena setiap harinya banyak dikunjungi orang dan menjadi semacam tempat wisata baru di Jogja. Letak Sendang Ngembel sangat mudah dijangkau baik menggunakan sepeda, sepeda motor atau bahkan mobil.


Sendang Ngembel sendiri adalah sebuah mata air alami yang menjadi salah satu sumber irigasi untuk sawah-sawah yang ada disekitar termpat ini. Sendang Ngembel berbentuk nyaris bundar dan dikelilingi oleh banyak pohon gayam besar yang hijau dan rindang. Pohon tersebut dipercaya bisa menangkap dan menyimpan air selama musim hujan.

Ditengah Sendang Ngembel terdapat semacam pulau kecil yang ditumbuhi oleh 3 pohon cemara. Luas tempat tersebut hanyalah sekitar 2,5 x 2,5 m. Ditengah pulau kecil tersebut terdapat sebuah benda semacam meja yang terbuat dari batu. Menurut masyarakat sekitar, benda tersebut merupakan tempat untuk menaruh sesaji. Tempat ini sudah ada sejak Ki Ageng Mangir berkuasa ditempat ini. Pulau kecil ini dihubungkan oleh sebuah jalan setapak kecil dari pinggiran Sendang Ngembel.



Saat ini Sendang Ngembel sudah dilengkapi dengan beberapa gazebo yang dipakai oleh pengunjung untuk bersantai sambil menikmati sejuknya udara ditempat ini. Untuk menuju ke Sendang Ngembel dari Kota Jogja bisa mengambil rute melewati Kasongan menuju Desa Wisata Krebet. Setelah itu tinggal ikuti jalan lurus aja dari Desa Krebet menuju ke LP Pajangan. Banyak papan petunjuk yang bisa ditemukan dipinggir jalan sekarang.



3 comments:

  1. Rumah tempat naruh sesajennya itu masih ada ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada, tapi sudah diganti dengan bangunan baru

      Delete