Paleis Het Loo: Istana Tempat Dinasti Van Orange Bermukim di Belanda



Paleis Het Loo atau Istana Het Loo merupakan istana yang berada di Kota Apeldoorn, Provinsi Gelderland, Belanda yang dibangun pada sekitar tahun 1684-1686 dan didesain oleh Jacob Roman dan Johan Van Swieten yang digunakan sebagai tempat tinggal Raja William III yang merupakan pendiri Dinasti Van Orange. Istana yang berada ditengah hutan yang sangat asri ini digunakan sebagai kediaman atau tempat beristirahat bagi keluarga Kerajaan Belanda sampai dengan kematian Ratu Wilhelmina pada sekitar tahun 1962. Kemudian Paleis Het Loo dijadikan sebagai museum nasional sejak tahun 1984. Paleis Het Loo menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat jalan-jalan ke Belanda.


Saya kebetulan datang ke Paleis Het Loo pada saat musim panas dan pada saat cuacanya yang sangat cerah. Paleis Het Loo terletak disebuah kota yang sudah dekat dengan perbatasan dengan Jerman. Cukup jauh untuk menjangkau tempat ini dari tempat tinggal saya di Haarlem. Sekitar 2 jam menggunakan mobil pribadi. Bagi orang Belanda, waktu 2 jam itu adalah waktu yang cukup lama. Mengingat negara Belanda yang sangat kecil. Dengan mengendarai mobil selama 3 jam saja dari Belanda sudah bisa menjangkau negara lain seperti Jerman atau Belgia melewati jalan bebas hambatan yang menghubungkan antar negara.



Tapi selama perjalanan tersebut saya mendapatkan suguhan sisi lain Belanda yang mungkin tidak pernah dibahas dalam panduan wisata. Melewati desa-desa yang ada di Belanda terasa lebih hijau karena masih banyaknya hutan yang tetap terjaga di negara tersebut.Dan juga tentu saja melihat jalanan sepeda yang menjangkau seluruh wilayah Belanda sampai pelosok sekalipun. Mengingat sepeda merupakan transportasi utama penduduk di negara ini.

Paleis Het Loo terlihat sangat megah yang dominasi oleh warna merah bata seperti bangunan di Belanda pada umumnya. Selain dikelilingi hutan yang lebat, Paleis Het Loo juga dikelilingi oleh taman indah yang dilengkapi dengan air mancur. Untuk bisa masuk ke istana ini kita harus membayar sebesar 14 Euro. Tidak ada tourguide yang bisa kita temukan di Paleis Het Loo, tetapi semua pengunjung diberi satu perangkat audio yang bisa menjelaskan tentang semua yang ada dalam istana tersebut hanya dengan memenjet tombol sesuai dengan nomer ruangan.


Di dalam Paleis Het Loo ini kita bisa mendapatkan semua cerita tentang sejarah Belanda mulai dari jaman pada saat Belanda menjadi sebuah negara republik sampai dengan era kerajaan seperti sekarang ini. Di Paleis Het Loo ini kita juga bisa tau siapa saja yang pernah berkuasa di Kerajaan Belanda mulai dari masa kecilnya sampai dia meninggal. Tidak semua ruangan didalam Paleis Het Loo biasa diambil gambarnya. Paleis Het Loo juga memiliki museum kendaraan yang pernah digunakan oleh keluarga kerajaan sebagai alat transportasi mulai dari kereta kuda sampai dengan mobil-mobil kuno.

Kalau ke Belanda jangan lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

9 comments:

  1. wuelok nan.. kapan aku iso rono :D

    ReplyDelete
  2. Slothoki
    Sehati4d
    Latartoto
    Elang188
    <a href="http://streetplan.xyz/slotoppo88/>Slotoppo88</a>

    ReplyDelete
  3. <a href="https://pharmacie-de-la-place.site-vistalid.fr/images/> Situs Sejarahwan Jaman Mbah Buyut</a>

    ReplyDelete
  4. "Menemukan Keberuntungan di Wisata Jogja dengan Slotoppo88 dan Bandar Game Online"
    Selamat datang, para pecinta game online, di kota magis, Yogyakarta! Wisata Jogja tidak hanya memikat dengan keindahan budaya dan alamnya, tetapi juga menjadi tempat istimewa bagi Anda yang mencari keberuntungan dalam permainan online. Di tengah keunikan khas Jogja, temukan pengalaman bermain game online yang tak terlupakan melalui situs-situs terkemuka seperti Slotoppo88, Ovo88, dan Oppo88.
    Bermain di Slotoppo88, Anda dapat menikmati berbagai permainan seru seperti slot88, toto slot88, dan berbagai varian lainnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk login ke Ovo88, platform terpercaya yang menyediakan akses mudah dan aman ke beragam permainan, termasuk slot888 dan toto online.
    Bagi yang mencari keberuntungan melalui bandar game online, Oppo88 adalah pilihan tepat. Dengan 88jackpot sebagai link alternatif terpercaya, akses ke berbagai permainan, seperti opposlot dan oposlot, semakin mudah.
    Nikmati keunikan Jogja sambil mengejar jackpot di Slotoppo88 dan bandar game online favorit Anda. Pastikan untuk login ke Ovo88 dan Slotoppo88 untuk pengalaman bermain game online yang tak terlupakan di tengah pesona kota budaya ini. Selamat bermain dan semoga keberuntungan selalu menyertai Anda!

    ReplyDelete
  5. Eksplorasi Wisata Medan: Menang Besar dengan BETULBET dan Game Online Terbaik
    Selamat datang, para pecinta game online, di destinasi wisata yang tak hanya indah secara alamiah, tetapi juga menawarkan keseruan melalui permainan online. Medan, kota penuh kejutan, menjadi pusat perhatian dengan kehadiran BETULBET, platform terkemuka yang menyediakan pengalaman bermain game online tak terlupakan.
    Untuk memulai petualangan Anda, daftar segera di BETULBET dan login untuk merasakan sensasi bermain di situs ini. Temukan link alternatif BETULBET untuk akses yang lebih mudah dan aman. Platform ini tidak hanya menawarkan berbagai permainan game online, seperti Bima Bet dan Big Bet, tetapi juga menyediakan alternatif menarik seperti Cukong Bet dan Sumatra Bet.
    Berbagai pilihan permainan seperti Bet 188, Cordoba Bet, hingga Joker Bet dapat dinikmati dengan mudah di BETULBET. Kombinasi keunikan Medan dan keseruan bermain game online membuat pengalaman ini tak terlupakan. Jelajahi link alternatif Bet 365 dan nikmati berbagai opsi, seperti Sabang Bet dan Bet Pramuka, untuk memperkaya petualangan Anda.
    Medan bukan hanya tentang keindahan alam, tetapi juga tentang keberuntungan besar dengan BETULBET. Selamat menikmati perjalanan seru Anda dan semoga kemenangan selalu menyertai

    ReplyDelete