Monday, March 23, 2015

Moskee Essalam: Masjid Terbesar di Belanda dan Eropa Barat

Mungkin tidak pernah terpikir oleh saya sebelumnya bahwa di Belanda yang merupakan negara sekuler dan dihuni oleh penduduk yang sebagian besar menganut paham atheist saya bisa menemukan masjid sebesar dan semegah ini. Ya, tepatnya di Kota Rotterdam terdapat sebuah masjid megah kebanggan warga muslim yang tinggal di kota ini yang bernama Moskee Essalam atau yang jika disebut dalam Bahasa Indonesia menjadi Masjid Assalam.




Rotterdam adalah satu-satunya kota di Belanda yang dipimpin oleh seorang walikota yang beragama Islam. Kota ini menjadi salah satu kota favorit bagi para imigran muslim yang berasal dari negara-negara muslim seperti Maroko dan Turki. Menurut data yang saya baca di internet, Rotterdam dihuni lebih dari 40 % warga keturunan yang beragama Islam. Moskee Essalam mulai diresmikan dan dibuka untuk umum pada hari Jum'at 17 Desember 2010. Moskee Essalam merupakan masjid terbesar di Belanda dan kawasan Eropa Barat.  Bangunan Moskee Essalam terdiri dari 3 lantai dan dapat menampung sekitar 1500 jamaah.



Saya datang ke Moskee Essalam pada hari Jum'at siang hari menjelang sholat jum'at setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari kota Haarlem lewat jalan tol bersama teman saya. Tadinya saya berencana ingin mengikuti sholat jum'at di masjid tersebut, tapi saya lupa bahwa waktu sholat di Belanda berbeda dengan waktu sholat di Indonesia. Mungkin ini ketololan saya yang lupa bahwa saya sedang tidak berada di Indonesia. :D

Sekitar pukul 12.00 siang saya sudah berada di area masjid tersebut. Teman saya hanya mengantar sampai di parkiran kemudian meninggal saya dan berjanji akan menjemput kembali setelah sholat jum'at selesai. Pada waktu itu memang Moskee Essalam sudah ramai dengan orang yang hilir mudik keluar masuk masjid. Dan akhirnya saya pun ikut masuk juga kedalam masjid lalu mengambil wudhu. Setelah itu saya menempatkan diri di barisan paling belakang masjid agar bisa bersandar di tembok. :p saya merasa asing dalam masjid tersebut, saya mungkin satu-satunya orang berwajah Melayu dan Oriental yang ada dalam masjid tersebut. Selain itu hampir semua wajah yang ada di Moskee Essalam adalah keturunan Arab.


Lebih dari setengah jam menunggu, tapi ibadah sholat jum'at tidak juga dimulai. Karena merasa ada yang ada yang aneh, saya akhirnya keluar dan bertanya pada salah seorang yang sedang duduk diluar masjid. Dia mengatakan bahwa kalau sedang musim panas biasanya sholat jum'at akan dimulai pada sekitar pukul 02.00 siang. :D Karena saya sudah janjian bertemu dengan teman yang mengantar pada pukul 01.00, saya akhirnya meninggalkan Moskee Essalam sebelum ikut jum'atan karena harus melanjutkan perjalanan ke tempat lain.

No comments:

Post a Comment