Thursday, February 5, 2015

Sunset Indah di Candi Abang, Berbah



Banyak yang menyebut candi ini sebagai Bukit Teletubbies-nya Jogja. Karena memang candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 ini sekarang hanya tinggal sebuah gundukan tanah yang ditumbuhi rerumputan hijau yang lebih terlihat seperti sebuah bukit dari kejauhan. Letaknya tidak terlalu jauh dari Lava Bantal Berbah.



Tidak seperti candi pada umumnya yang dibangun menggunakan batu andesit, candi ini dibangun dengan menggunakan batu bata merah. Itu sebabnya kenapa candi ini diberi nama Candi Abang. Abang adalah kata dalam bahasa Jawa yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah merah.


Pada saat cuaca cerah, kita bisa melihat Gunung Merapi yang menjulang tinggi dari Candi Abang ini. Sedangkan kalau sore hari kita bisa melihat penampakan matahari terbenam atau sunset yang tak kalah indah dari tempat lain yang ada di Jogja. Kalau kamu salah satu orang yang penakut, pastikan kalau kamu mau berburu sunset ditempat ini harus ditemani oleh seorang teman. Soalnya dari parkiran menuju candinya kita harus melewati jalanan ditengah hutan yang cukup rimbun. Memang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 100an meter.



No comments:

Post a Comment