Wednesday, January 14, 2015

Toilet di Masjid Agung Kota Batu Ini Adalah Toilet Masjid Terbersih Yang Pernah Saya Lihat

Pada tanggal 31 Desember 2014 lalu merupakan kali pertama saya menginjak kaki kembali di Kota Wisata Batu setelah 5 tahun lebih meninggalkan kota yang berhawa sejuk ini. Saya dulu memang sempat tinggal di kota yang buat saya adalah salah satu kota yang paling menyenangkan untuk ditinggali. Saya pernah tinggal dibeberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Karawang, Pekalongan, Semarang dan sekarang Jogja. Batu memberi banyak kesan yang menyenangkan dibandingkan kota lain, selain Jogja tentunya.



Jalan-jalan ke Kota Batu ini dalam rangka liburan tahun baru bersama teman-teman sekantor. Hal pertama yang kita lakukan pada saat sampai di Batu adalah menuju ke Alun Alun. Alasan pertama adalah karena kita belum bisa menuju villa yang kita sewa. Kita baru bisa check in sekitar pukul satu siang. Selain itu kita juga cukup kelaparan setelah beberapa jam berada didalam mobil.



Perjalanan beberapa jam didalam menggunakan tentu saja badan jadi sedikit lengket. Setelah mobil diparkir. Tempat pertama yang saya tuju adalah toilet masjid, buat mandi tentunya. Toilet yang ada didalam masjid tersebut ternyata sedang dalam proses renovasi. Saya pikir saya belum bisa mandi, harus nunggu pergi ke villa dulu. Tapi ternyata disisi timur masjid ada sebuah penunjuk tempat mandi air hangat.


Waktu saya masih tinggal di Batu, tempat ini belum dibangun. Tempat mandi air hangat ini berada persis dibawah masjid diantara toko-toko lainnya yang ada. Saya cukup surprise melihat kamar mandi umum ini sangat bersih, mungkin ini adalah toilet disebuah masjid yang paling bersih yang saya lihat. Kebersihan dari kamar mandi umum ini benar-benar terjaga. Desainnya pun cukup menarik. Mungkin keramik warna warni sengaja dipilih untuk menambah kesan menarik.



Tempat mandi untuk pria dan wanita terpisah. Selain itu ada 2 pilihan tempat mandi, yaitu tempat mandi dengan air biasa atau tempat mandi dengan air hangat. Karena kebetulan pagi itu kamar mandi air hangatnya penuh, saya terpaksa harus mau mandi dengan air dingin. Saya tidak mau menunggu terlalu lama. Ini mungkin hanya perasaanku saja, air di Kota Batu tidak sedingin 5 tahun yang lalu. Saya ingat sekali dulu setiap pagi tidak pernah berani mandi mandi dengan air dingin.


2 comments:

  1. Saya belum kesampaian menjajah toiletnya ini. Cuma pernah minum air langsung dari keran yang ada di halaman masjid. Itu pun tengah malam. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke Batu lagi bisa dicobain toiletnya, lumayan bersih kok

      Delete