Ini Kediri Apa Paris?

 Saya masih ingat sekali 2 tahun yang lalu saat saya mengunggah foto saya waktu berada di Arc de Triomphe, Paris ada salah satu teman saya yang berkomentar "foto di Simpang Lima Gumul ya"? Hahhhh, waktu itu saya benar-benar belum tau bahwa di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Kediri ada bangunan yang sangat mirip dengan Arc de Triomphe. Bangunan tersebut ternyata adalah monumen yang ada di Simpang Lima Gumul setelah saya coba cari informasinya di google.


Arc de Triomphe, Paris

Kalau sekilas dilihat sih emang mirip, cuma beda warna sama relief yang ada di dindingnya. Masih belum tau sih alasannya apa Pemerintah Kabupaten Kediri membangun monumen tersebut mirip dengan yang ada di Paris. Usut punya usut hasil baca dari beberapa artikel di internet ternyata banyak yang memprotes pembangunan monumen tersebut. Banyak yang mengusulkan untuk menggunakan budaya serta kearifan lokal bukan meniru gaya bangunan yang ada di luar negeri. Sama seperti di Paris, untuk menuju ke area monumen ini kita terlebih dulu harus melewati terowongan bawah tanah dari parkiran.



Monumen Simpang lima Gumul, Kediri
Okelah, saya tidak terlalu tau masalah tentang alasan pembangunan monumen tersebut. Tapi yang pasti monumen ini dikunjungi banyak orang setiap harinya, walaupun hanya untuk sekedar berfoto. Sama seperti saya dan teman-teman saya. Kita sampai ditempat ini pada waktu tengah malam dan monumen yang ada sudah tutup tentunya. Sengaja datang ketempat ini selepas pulang dari Kota Batu agar sampai di Jogja pada pagi hari.


2 comments:

  1. Ini tanda kalau orang-orang (maaf) Kediri itu terlalu berpatok ke barat Apa mungkin karena ada yg macamnya desa Pare itu? Ah tahu lah, saya cuma asal bunyi saja, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dibilang begitu :D mungkin biar lebih ngehits lagi kaya Paris

      Delete