Pendopo Ndalem: Angkringan Versi Classy

Jogja itu sangat identik sama yang namanya angkringan. Tempat ini adalah salah satu tempat favorit bagi anak-anak kos yang ada di Jogja, salah satunya adalah saya. Terutama kalau lagi tanggal tua untung menyambung hidup sampai bulan berikut. :D Ke angkringan itu tidak cuma karena murahnya aja, tapi di angkringan itu juga bisa mengakrabkan kita sama teman. Sama orang yang tidak kenal juga kadang, asal mau ikutan nimbrung ngobrol aja.




Tapi ada yang beda sama "angkringan" yang satu ini, Pendopo Ndalem namanya. Letak persisnya berada di dekat Restoran Bale Raos yang sudah sangat kondang itu. Cukup jalan kaki aja kalau dah ada di Pasar Ngasem. Kalau saya sih nyebutnya angkringan versi classy. Gimana enggak, soalnya semua makanan yang dijual ini sama kaya di angkringan biasanya, yang bedain cuma tempatnya aja yang mewah. Soalnya tempat yang dipakai ini merupakan rumah kelahiran dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX (kata mas-mas guide yang waktu itu makan juga disitu). Tapi emang sih, harga makanannya sedikit lebih mahal dari angkringan biasa.



Tapi yang paling menarik buat saya justru adanya jajanan jaman dulu kaya kipo, clorot, klepon yang saya pikir sudah punah. Terus terang ini pertama kali saya makan kipo dan clorot di Jogja. Kalau Kipo sih emang sudah tau dari dulu, tapi belum pernah lihat secara langsung. Nah kalau Clorot itu salah satu jajanan favorit saya waktu kecil. Warung yang ada didekat rumah saya dulu selalu jual Clorot. Jadi ingat masa kecil di kampung kan lihat jajanan tersebut.



Tempatnya cukup seru sih kalau kamu pengen ngerasain suasana makan yang beda. Bisa ngerasain kaya makan di angkringan tapi dengan suasana kaya di Kraton.



*all photos takenn by Shefta Pramana

No comments:

Post a Comment