Wednesday, September 10, 2014

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 26: Do Dolan Rame-rame

Sudah hampir dua tahun ini saya tinggal dan menetap di Jogja, tapi baru kali ini saya tau kalo Jogja punya acara yang keren kaya FKY 26. Tahun kemarin kemana aja ya? Seperti tahun kemarin masih kebanyakan ngendon didalam kos dan belum terlalu gaul kaya sekarang makanya nggak tau ada acara sekeren ini.

Apa sih FKY 26 itu? Berikut ini penjelasannya ya yang saya kutip dari www.travelmatekamu.com





Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) adalah event seni budaya yang rutin diselenggarakan setiap tahun mulai 1989. Tahun ini merupakan tahun ke-26 penyelenggaraan acara ini. FKY merupakan salah satu acara yang sudah dikenal oleh masyarakat baik di tingkat lokal maupun nasional.Festival Kesenian Yogyakarta tahun 2014 akan diselenggarakan selama 20 hari mulai dari tanggal 20 Agustus sampai dengan tanggal 9 September 2014. Tema yang diambil tahun ini adalah “Do Dolan Rame Rame”, yang akan mengambil tempat di Plaza Pasar Ngasem sebagai venue utama. Selain itu, beberapa acaranya juga akan diselenggarakan di seputar 0 km Jogja, Tamansari, Malioboro, Tugu, serta Jalan Mangkubumi.
Festival Kesenian Yogyakarta 2014 akan dimeriahkan dengan beberapa acara seperti kirab budaya, pasar seni, dodolan seni, workshop edukatif tentang seni dan budaya, beberapa lomba, pementasan kesenian di Malioboro, pementasan karya sastra, soundscape, panggung tradisi musik dan teater, bioskop Tamansari yang diisi oleh pemutaran film-film karya film buatan anak Jogja, dan juga ada acara silahturahmi oleh 15 seniman seni rupa dengan cara memasak bersama.





Kebetulan pas pembukaan FKY 26 tanggal 20 agustus kemarin saya berkesempatan datang untuk menyaksikan secara langsung kemeriahannya di sekitar Kawasan Tugu, Jogja.Acara diawali dengan kirab seni yang diikuti oleh 26 kontingen dari Jogja dan juga ada perwakilan dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi di Tugu Pal Putih yang sudah disulap menjadi panggung mewah.



Selama 20 hari tersebut, FKY 26 mampu menyedot banyak sekali pengunjung setiap harinya untuk menyaksikan semua acara yang ditampilkan. Tapi sayangnya saya hanya berkesempatan beberapa kali saja menguncuri acara FKY 26 tersebut. Kebetulan lagi nih (kebanyakan kebetulan ya) saya juga bisa hadir kembali dalam acara kukutan atau penutupan FKY 26 yang berlokasi di Pasar Ngasem. Acara dimeriahkan oleh beberapa penampil dan juga band terkenal di Jogja seperti Jogja Hiphop Foundation, The Everyday Band, dan juga Shaggy Dog. Tapi sayang pada saat Shaggy Dog mulai tampil, banyak penonton yang mencoba menerobos masuk kedalam area panggung yang tadinya hanya diperuntukan bagi pers dan tamu undangan. Duhhh......... Keadaan jadi sedikit nggak selo gitu dan saya memutuskan untuk pulang saja karena merasa tidak terlalu nyaman. :p






Semoga tahun depan bisa nonton  acara FKY 27 dan mudah-mudahan bisa lebih keren.




2 comments:

  1. Animo masyarakat (khususnya kaum muda) selalu besar untuk datang ke acara unik seperti ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayangnya baru tahun ini saya bisa nonton secara langsung :D

      Delete