Thursday, March 27, 2014

Senja di Plaosan

Gowes random sore ini adalah ke Candi Plaosan. Salah satu candi yang terletak tidak jauh dari candi Prambanan. Sebenarnya masih banyak lagi candi-candi lain yang tersebar diwilayah Prambanan. Baik yang masuk wilayah kabupaten Sleman ataupun kabupaten Klaten.


Candi ini terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 1 km dari Candi Prambanan. Untuk menuju candi ini sangat mudah. Pasti sudah tau kan ya kalau candi Prambanan ada dimana..Nah kalau dari arah kota Jogja  lampu merah Prambanan lurus terus saja sampai ketemu lampu merah lagi lalu belok kekiri. Setelah belok kiri masih lurus terus  sampai ketemu hotel Galuh dan waterboom Tirtonirmolo. Tidak jauh setelah hotel itu ada perempatan. Disitu belok ke kanan sudah ada papan petunjuk dan candi pun sudah terlihat dari jalan.



Candi ini adalah candi budha yang dibangun pada sekitar abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dari kerajaan Medang atau Mataram kuno. Candi ini seperti terbagi menjadi 2 wilayah. Candi Plaosan lor dan candi Plaosan kidul. Tapi pada jaman dahulu sebenarnya menjadi satu kesatuan, namun sekarang terpisah oleh jalan kampung dan tanah yang ada ditengahnya.


Jumlah candi yang tersisa lebih banyak berada di candi Plaosan lor. Di area ini terdapat 2 candi besar atau candi utama. Yang sebelah selatan menggambarkan relief laki-laki dan yang disebelah utara menggambarkan relief perempuan. Selain itu juga terdapat 116 stupa dan 50 candi perwara serta parit yang mengelilingi candi utama. Stupa khas candi Budha yang seperti kita lihat di Borobudur juga bisa kita lihat disini.



Wilayah sekitar candi masih berupa sawah sawah milik penduduk disekitar sini. Harga karcis untuk masuk kesini adalah lima ribu rupiah. Tapi sepertinya itu bukan harga resmi dari pemerintah karena pihak satpam yang menjaga candi ini tidak memberikan tiket dipintu masuk. Kita hanya disuruh mengisi buku tamu dan membayar uang tersebut.

Waktu paling tepat datang kesini adalah sore hari. Kita bisa melihat pemandangan candi dengan latar belakang matahari terbenam. Candi ini tutup pada jam 6 sore.


4 comments:

  1. Candi-candi kecil yang ada di Jawa Tengah umumnya menetapkan tarif masuk yang "bervariasi". Maksudnya, suka-suka petugas yang sedang berugas jaga. :p

    Teman saya pernah ke Plaosan bawa DSLR ditarik biaya Rp 100.000 karena diduga petugas mau motret buat komersil, padahal nggak. Sempat eyel-eyelan waktu itu, akhirnya teman saya memutuskan buat hengkang saja dari Plaosan. :(

    ReplyDelete
  2. bener banget tuh, sepertinya biaya masuk ke candi itumasuk ke kantong pribadi para satpam itu (mungkin ya) , soalnya kaya ke candi ijo itu juga masuknya gratis. ada temanku malah pernah ke candi kecil lainnya, satpamnya bilang tarifnya sukarela :p
    Kemaren saya bawa DSLR, tapi karena DSLR jadul jadi mungkin cuma dimintai 5 ribu aja :D
    busyettt itu kalo seratus ribu mahal banget.

    ReplyDelete
  3. coba ke sini pas sunrise bro
    pemandangannya juga ciamik
    tapi pengalaman dulu penjaganya lumayan rese jadi aku sama temen-temen ga bisa masuk ke kompleksnya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh deh nanti aku cobain kesana pagi pagi. banyak yg cerita kalau emang satpamnya rese

      Delete