Saturday, March 29, 2014

Jembatan Kewek (Kerkweg)

Yang tinggal atau sering datang ke Jogja pasti sudah tidak asing lagi dengan jembatan ini. Jembatan yang membelah sungai Code ini sudah seperti ikon Jogja juga. Letaknya tidak jauh dari Malioboro.

Orang Jogja menyebutnya jembatan Kewek. Dari dulu penasaran sebenarnya Kewek itu artinya apa. Sebagai orang Jawa saya tidak mengetahui sama sekali apa itu kewek. Dari hasil nanya beberapa teman yang asli Jogja pun mereka tidak tau apa itu arti kewek. Hmmmm....

Akhirnya nyoba browsing di internet buat nyari tau tentang jembatan kewek. Ketemu juga artikel yang bahas tentang jembatan ini. Sebenarnya nama asli jembatan ini adalah Kerkweg. Kata itu berasal dari bahasa Belanda. Kerk artinya gereja dan weg itu artinya jalan. Jadi artinya semacam jalan yang menuju ke gereja. Jembatan ini memang menghubungkan stasiun tugu ke arah gereja St.Antonius di Kota Baru. Karena orang jawa susah melafalkan kerkweg, mereka nyari gampangnya aja dengan menyebutnya kewek. Sampai sekarang nama kewek itu tetap dipakai.



Pengaruh bahasa Belanda dalam bahasa Jawa atau Indonesia memang besar. Ngga salah donk ya, mereka menjajah kita selama 350 tahun. Masih banyak lagi kata-kata dalam bahasa Indonesia yang sama dengan bahasa Belanda, kadang hanya beda cara penulisannya aja. Yang paling saya suka dari jembatan kewek adalah ketika ada kereta api yang melintas diatasnya.


Jembatan kewek dinihari

2 comments:

  1. Jembatan kewek itu yang jembatan lama kan? Bukan yang jembatan baru?

    ReplyDelete
  2. yang saya tau ya jembatan yang Ini :p kata teman saya juga si

    ReplyDelete