Friday, March 21, 2014

Jadah Tempe - Makanan kesukaan Sri Sultan HB IX


Buat yang sudah sering ke Kaliurang pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, jadah tempe. Ya jadah tempe adalah makanan khas yang ada disekitar obyek wisata kaliurang. Jika mendengar  kata tempe mungkin sudah biasa dan terkesan tidak ada yang istimewa. Tapi jadah tempe ini berbeda, rasa dan bentuknya berbeda. Rasanya sedikit manis dan gurih serta berbentuk seperti burger.





Jadah tempe berasal dari dua bahan makanan. Yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dicampur dengan kelapa yang rasanya gurih dan tempe yang diolah dengan cara dibacem yang rasanya manis.
Pada awalnya jadah tempe merupakan makanan biasa bagi orang desa. Namun pada tahun 1950an menjadi terkenal ketika Sri Sultan Hamengku Buwono IX mencicipi jadah tempe tersebut. Ternyata beliau menyukainya dan selanjutnya sering mengutus asisten untuk membeli jadah tempe Kaliurang. Sejak saat itulah jadah tempe menjadi terkenal dan juga menjadi makanan khas di Kaliurang.




Saya membeli satu paket jadah tempe ini seharga Rp. 10.000, kayaknya sih kemahalan dan bisa dapat harga yang lebih murah. Buat saya rasanya cukup enak. Jadi kalau yang mau datang ke Kaliurang, silahkan coba jadah tempe.


4 comments:

  1. makanan favorit kalau ke Kaliurang, kapan-kapan nyoba ke warung jadah tempe nya Mbah Carik deh, warung paling terkenal + legendaris di sana :D

    ReplyDelete
  2. iya sih udah pernah dengar tentang mbah carik, tapi belom pernah nyoba :p

    ReplyDelete
  3. Enak disantap selagi hangat. Kalau sudah dingin jadahnya jadi keras. Tapi saya lebih senang tahu bacemnya disantap pakai cabai rawit, nyam!

    ReplyDelete
  4. pas di kaliurang liatnya udah ga ada yang hangat semua. kayaknya harus yang by order ya biar dpt yang hangat

    ReplyDelete