Candi Gebang


Gowes sore ini judulnya iseng-iseng berhadiah. Karena sering baca blog tentang Candi Gebang, akhirnya penasaran juga buat nyamperin candi ini. Secara letaknya juga tidak terlalu jauh dari rumah. Kurang dari setengah jam naik sepeda ke sini.


Sore ini pulang kerja jam 3 sore badan lumayan pegel-pegel. Sampai di rumah memutuskan untuk tidur sore buat ngilangin capek. Tapi ga tau kenapa pas jam 5 kebangun, ngebet banget buat mengunjungi Candi Gebang. Akhirnya bangun tidur tanpa mandi terlebih dulu hanya cuci muka langsung pancal sepeda untuk menuju candi.


Saya mengikuti rute yang pernah dikasih tahu dari salah satu blog. Dari jakal km 7 saya langsung menuju ringroad utara ke arah UPN. Sebelum lampu merah UPN ada pertigaan pasar condong catur. Nah beloklah dipertigaan itu ke arah kiri. Sebetulnya disitu ada papan petunjuk kearah candi, tapi sayang ketutup sama papan reklame perumahan.

 
 


Dari Pasar Condongcatur jalan lurus sekitar 2 kilometer sampai ada turunan dan jembatan. Di depan jembatan itu kemudian belok ke kanan. Sebetulnya disitu juga ada papan petunjuk lagi, tapi sayang ketutup poster caleg.


Setelah belok kanan, ikutilah jalan utama karena ada jalan yang belok yang kearah perumahan. Sekitar 200an meter pertama jalanan cukup rusak. Kalau kamu ga menemukan candinya, cara terbaik menemukannya adalah bertanya sama orang di sekitar situ.


Sampai di Candi Gebang sekitar pukul setengah 6 sore. Sayang sekali pintu gerbangnya sudah tutup dan saya ga bisa masuk lagi. Jadinya hanya bisa melihat bangunan Candi Gebang dari luar pagar.

 Displaying photo.jpg

Menurut wikipedia Candi Gebang adalah candi Hindu yang dibangun pada sekitar abad ke-8 pada saat Wangsa Sanjaya pada zaman Mataram Kuno. Candi ini ditemukan pada tahun 1936 dan dipugar oleh Van Romondt pada tahun 1937-1939. Candi ini mempunyai ukuran 5.25x5.25 dengan tinggi 8 meter.
foto dari wikipedia

No comments:

Post a Comment