Thursday, March 6, 2014

Candi Gebang

Gowes sore ini sih judulnya iseng-iseng berhadiah. Karena sering baca blog tentang Candi Gebang, akhirnya penasaran juga buat nyamperin tuh candi. Secara letaknya juga tidak terlalu jauh dari rumah. Kurang dari setengah jam naik sepeda kesini.
Sore ini pulang kerja jam 3 sore badan lumayan pegel-pegel. Nyampe dirumah mutusin buat tidur sore aja buat ngilangin capek. Tapi ngga tau kenapa pas jam 5 bangun, ngebet banget buat ngunjungin ni candi. Akhirnya bangun tidur tanpa mandi terlebih dulu cuma cuci muka langsung pancal sepedaku untuk memcari si candi.


Saya mengikuti rute yang pernah dikasih tau dari salah satu blog. Dari jakal km 7 saya langsung menuju ringroad utara ke arah UPN. Sebelum lampu merah UPN ada pertigaan pasar condong catur. Nah beloklah dipertigaan itu ke arah kiri. Sebetulnya disitu ada papan petunjuk kearah candi, tapi sayang ketutup sama papan reklame perumahan.

 
 
Dari pasar condong catur jalan lurus sekitar 2 kilometer sampai ada turunan dan jembatan. Didepan jembatan itu belok kekanan. Sebetulnya disitu juga ada papan petunjuk lagi, tapi sayang ketutup saya poster caleg.


Setelah belok kanan, ikutilah jalan utama karena ada jalan yang belok yang kearah perumahan. Sekitar 200an meter pertama jalanan cukup rusak. Jika anda ngga nemuin tuh candi, cara terbaik nemuinnya adalah nanya orang disekitar situ.


Sampai di Candi Gebang sekitar jam setengah 6. Sayang sekali pintu gerbangnya udah tutup dan saya ngga boleh masuk lagi. Jadinya cuma bisa lihat dari luar pagar.

 Displaying photo.jpg

Menurut wikipedia Candi Gebang adalah candi hindu yang dibangun pada sekitar abad ke-8 pada saat wangsa Sanjaya pada zaman Mataram kuno. Candi ini ditemukan pada tahun 1936 dan dipugar oleh Van Romondt pada tahun 1937-1939. Candi ini mempunyai ukuran 5.25x5.25 dengan tinggi 8 meter.
foto dari wikipedia

No comments:

Post a Comment