Embung Nglanggeran

Embung nglanggeran
Jika mendengar kata Nglanggeran mungkin sudah identik dengan yang namanya gunung api purba. Tempat ini terletak di Kecamatan Pathuk Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak hanya sekitar 1 jam dari kota Jogjakarta. 


Dari puncak gunung ini kita bisa melihat pemandangan kota Jogja. Apalagi kalau kita melihatnya pada malam hari, Yang terlihat semuanya adalah pancaran cahaya lampu dipenjuru kota. Puncak Nglanggeran juga merupakan salah satu tempat favorit untuk camping. Menanti indahnya sunrise pada pagi hari. Saya pernah camping sekali bareng anak-anak Couchsurfing.




Tidak jauh dari Gunung api purba, ada satu tempat lagi yang bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi. Tempat ini bisa dilihat jelas dari puncak Nglanggeran. Namanya Embung Nglanggeran. Embung adalah kata dalam bahasa jawa yang artinya waduk buatan. Iya tempat ini adalah waduk buatan yang dibuat di atas bukit. Untuk mencapai tempat ini kita harus melewati jalan yang hanya dibeton di dua sisinya. Harus berhati hati melewatinya, apalagi kalau abis hujan.


Sebenarnya tempat ini direncakan untuk dijadikan kebun buah. Tapi mungkin karena masih baru, waktu saya kesana belum ada satu pun pohon buah yang terlihat. Air yang ditampung di dalam embung dipergunakan untuk mengairi kebun buah yang berada sekitar embung.


Parkir yang tersedia disana cukup luas. Bisa menampung banyak kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil. Untuk mencapai embung, dari parkiran kita harus menaiki tangga. Ya ngga terlalu tinggi si tapi lumayanlah buat olahraga. 

Datang lah kesini pada saat cuaca yang bagus pada pagi atau sore hari. Dari beberapa blog yang saya baca. Kita bisa lihat sunset yang sangat indah. Sayangnya waktu saya datang kesana, cuaca sedang tidak bersahabat. Alhasil saya tidak berhasil mendapat pemandangan yang saya inginkan.


Tempat Parkir
 

Gunung api purba terlihat dari embung
Spot bagus melihat sunset


No comments:

Post a Comment