Bakmi Jawa Si Bisu. Paling Enak di Jogja



Buat para pemburu kuliner di Jogja, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bakmi jawa. Bakmi jawa bisa ditemukan dihampir semua sudut Jogja. Mulai dari pinggiran jalan sampai dengan restoran. Bisa dibilang bakmi jowo adalah makanan khas Jogja selain gudeg.


Salah satu warung bakmi jawa yang terkenal adalah Bakmi Jawa Si Bisu yang terletak di Jalan Bantul Kota Yogyakarta. Sudah banyak blog yang membahas tentang kenikmatan makanan di sini. 

Kenapa diberi nama si bisu? Saya belum pernah bertanya langsung tentang masalah itu, tapi menurut saya mungkin karena di warung ini mempekerjakan 2 orang tuna wicara.


Saya sudah beberapa kali datang ke sini. Pertama kali ke sini diajak oleh teman saya Ricky. Kebetulan dia adalan teman SD dari anak si pemilik warung, namanya Dewi.


Menurut Dewi, ibunya sudah mulai merintis usaha sejak 30an tahun lalu. Sebenarnya gerobak yang dipakai adalah punya orang lain. Orang tersebut menjual gerobaknya kepada orang tua Dewi karena membutuhkan uang untuk membayar hutang. Sejak saat itulah usaha warung bakmi itu dimulai. 


Sebetulnya dulu ibu Dewi punya usaha lain selain bakmi jawa. Beliau berjualan gudeg setiap pagi sampai siang. Tapi karena kewalahan dengan dua usahanya, ibunya Dewi memutuskan untuk berhenti berjualan gudeg.


Usahanya juga tidak selalu berjalan lancar. Pada saat ibu Dewi hamil tua. Bakmi jawa ini pernah dipasrahkan usaha kepada orang lain untuk dikelola. Ditangan orang itu citarasa makanannya jadi berbeda dan berubah. Banyak pelanggannya yang pergi karena rasanya tidak seenak dulu. Setelah ibu Dewi melahirkan, akhirnya kembali mengurus dagangannya dan memulainya dari nol lagi. Sampai sekarang warung bakmi ini terkenal di Jogja. Kini usaha ini diteruskan oleh Dewi bersama kakaknya.




Sejauh ini Bakmi Jawa Si Bisu adalah bakmi jawa yang paling enak yang pernah saya coba. Favorit saya adalah bakmi goreng. Harganya cukup terjangkau. Untuk yang penasaran. Tempat ini sangat mudah ditemukan karena berada dipinggir jalan raya. Letaknya setelah pom bensin Jalan Bantul dari arah kota. Buka hanya pada malam hari di depan bengkel las.

Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment