Monday, February 24, 2014

Bakmi Jowo Si Bisu

Buat para pemburu kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bakmi jowo. Bakmi jowo bisa ditemukan dihampir semua kota di Jawa. Di Jogja makanan ini bisa ditemukan dihampir semua wilayah, dari mulai dipinggiran jalan sampai dengan restoran. Bisa dibilang bakmi jowo adalah makanan khas Jogja selain gudeg.


Salah satu warung bakmi jowo yang terkenal adalah bakmi jowo si bisu yang terletak di jalan Bantul kota Yogyakarta. Sudah banyak blog yang membahas tentang kenikmatan makanan disini. Kenapa diberi nama si bisu? Saya belum pernah bertanya langsung tentang masalah itu, tapi menurut saya mungkin karena diwarung ini mempekerjakan 2 orang tunai wicara.


Saya sudah beberapa kali datang kesini. Pertama kali kesini diajak oleh teman saya Ricky. Kebetulan dia adalan teman SD dari anak si pemilik warung, namanya Dewi.
Menurut Dewi, ibunya sudah mulai merintis usaha sejak 30an tahun lalu. Sebenar gerobak yang dipakai adalah punya orang lain. Orang itu menjual gerobaknya kepada orang tua Dewi karena membutuhkan uang untuk membayar hutang. Sejak saat itulah usaha warung bakmi itu dimulai. Sebetulnya dulu ibu Dewi punya usaha lain selain bakmi jowo. Dia berjualan gudeg setiap pagi sampai siang. Tapi karena kewalahan dengan dua usahanya


Ibunya Dewi memutuskan untuk berhenti berjualan gudeg.
Usahanya juga tidak selalu berjalan lancar. Pada saat ibu Dewi hamil tua sampai melahirkan. Dia pernah memasrahkan usaha itu kepada orang lain. Ditangan orang itu citarasa makanannya jadi berbeda dan berubah. Banyak pelanggannya yang pergi karena rasanya tidak seenak dulu. Setelah ibu Dewi melahirkan, dia kembali mengurus dagangannya dan memulainya dari nol lagi. Sampai sekarang warung bakmi ini terkenal di Jogja. Kini usaha ini diteruskan oleh Dewi bersama kakaknya.


Sejauh ini bakmi jowo si bisu adalah bakmi jowo yang paling enak yang pernah saya coba. Favorit saya adalah bakmi goreng. Harganya cukup terjangkau. Untuk yang penasaran. Tempat ini sangat mudah ditemukan karena berada dipinggir jalan raya. Letaknya setelah pom bensin jalan bantul dari arah kota. Buka hanya pada malam hari didepan bengkel las.
selamat mencoba


No comments:

Post a Comment