Tuesday, July 31, 2012

Musim panas ( yang dingin ) di Belanda

selasa , 31 juli 2012

Bulan ini sebenarnya di Belanda sudah masuk musim panas ( Summer ) tapi udaranya masih saja sangat dingin untuk aku yang terbiasa dengan terik matahari setiap hari apalagi hampir setiap hari turun hujan.... musim panas aja kaya gini, gimana nanti kalo musim dingin? mungkin saya bisa mati kedinginan...hehehe...suhu udara berkisar antara 16 - 20 derajat celcius. Udara disini cukup segar belum terlalu banyak polusi. Masih cukup sehat untuk dihirup manusia. Aku tidak mau mencoba membandingkan udara disini dengan kota besar di Indonesia, tapi mungkin jika dibandingkan dengan udara di kampungku. Yang pasti masih segeran udara dikampungku :p

Aku tinggal dikota Haarlem yang merupakan ibukota dari provinsi Noord Holland. Letaknya hanya sekitar 15 menitan naik kereta dari Amsterdam. Kotanya tidak besar dan tidak sesibuk Amsterdam. Dikota ini banyak sekali terdapat gedung gedung tua yang cukup bersejarah dan masih sangat terawat dengan baik. Warna gedung disini seperti halnya diseluruh Belanda didominasi oleh warna merah bata. Baik bangunan tua maupun yang baru.


Belum banyak tempat yang saya kunjungi dan lihat disini...tapi sedikit banyak saya sudah tau bagaimana keadaan disini yang sangat sangat teratur. mulai dari lalu lintas yang sangat rapi , gedung gedung yang hampir semuanya punya warna dan bentuk yang hampir sama, dan yang paling saya sukai disini di semua jalan sudah ada jalur tersendiri untuk sepeda dan orang orangnya pun sangat menghormati dan mendahulukan para pesepeda dan pejalan kaki. gag usah di bandingin ama jakarta deh ya , nanti sakit hati sendiri.hehehe
sebenernya mobil cukup banyak disini ,tapi kebanyakan cuma di parkir di depan rumah atau di sepanjang jalan. ga tau deh kapan mereka makenya, soalnya yang di jalan itungannya dikit banget.

keadaannya si cukup bersih gag ada sampah berserakan, tapi yang cukup membuat kotor itu adalah puntung rokok yang di buang sembarangan di mana mana. kayaknya gampang banget kalo kita mau liat puntung rokok. kayaknya mereka itu gag punya dosa waktu ngelempar tuh puntung rokok , tinggal buang aja.

No comments:

Post a Comment